Photo Tiga Unit Pondok Kuliner Boroko Timur

Pondok Kuliner Boroko Timur Bakal Dibongkar

Infobmr.com, BOROKO – Pembangunan Pondok Kuliner (baca : Kantin Desa) oleh Pemerintah Desa Boroko Timur yang terletak dikawasan pantai batu pinagut, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tampaknya bakal rugi total. Pasalnya lahan tempat berdirinya bangunan yang bersumber dari anggaran Dana Desa tahun 2016 itu, diduga tidak dilengkapi dokumen-dokumen yang jelas.

Hal itu tercermin dari pernyataan Kepala Bagian Umum Setda Bolmut Jusup Ibrahim, SE M.Si, saat dihubungi reporter media ini melalui telepon seluler Rabu, (30/11/2016) sektar pukul 21.00 wita.

Jusup menjelaskan, bahwa kegiatan pemerintah Desa Boroko Timur tersebut, tidak memiliki rekomendasi ataupun surat tertulis mengenai peminjaman atas lahan milik Pemda kabupaten setempat. Atas dasar itu, pihaknya meminta pemerintah Desa Boroko Timur segerah membongkar bagunan kantin yang sudah berdiri itu, serta membatalkan rencana pembangunan lanjutan 2 unit bangunan tambahan .

“Bangunan tersebut harus segerah dibongkar, karena berdiri diatas tanah yang tidak memiliki izin dari Pemda”,  tegas Ibrahim

Seharusnya, dalam melakukan pembangunan infrastruktur desa, lanjut Ibrahim, Pemerintah Desa Boroko Timur lebih memperhatikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), sehingga tidak terjadi tumpang tindih dengan planning (rencana.red) daerah yang akan menata kawasan tersebut sebagai pendukung destinasi wisata batu pinagut.

“pemerintah daerah pada tahun 2014 kemarin, telah membebaskan lahan tersebut untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung kawasan wisata batu pinagut. Nah., kalau aktifitas pemerintah desa dilahan itu tidak dicagah dari sekarang maka dipastikan akan menuai persoalan baru dikemudian hari”, ujar papa Iki sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Desa Boroko Timur Robby Pakaya, saat dikofirmasi mengatakan bahwa, kegiatan tersebut sudah sesuai prosedur alias  tidak bermasalah. Dia justru menuduh pemerintah daerah hanya mencari-cari persoalan dan asal tuding melempar kesalahan.

“Sebelum Proyek tersebut dilaksanakan, kami telah berkoordnasi dengan Bidang tata Kota dan Bidang Pariwisata. Tidak ada masalah., mereka sudah mengizinkan. Bahkan kegiatan tersebut sudah melewati beberapa tahapan, mulai dari Asistensi APBDes, Verifikasi oleh Inpektorat Daerah, BAPPEDA, BPMD, Pemerintah Kecamatan Kaidipang hingga Proses Pemeriksaan oleh BPK. kalaupun bermasalah, mengapa sejak awal proyek pembangunannya tidak pernah dipersoalkan. seharusnya Pemda, mendukung penuh pembangunan kantin tersebut, karena program itu adalah bukti kinerja Pemerintah Desa dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha dalam sector wisata”, Tutup Pakaya.(dan)

Pondok Kuliner Boroko Timur Bakal Dibonkar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Samsung Luncurkan Galaxy Note10 Lite

Infobmr.com, TEKNO – Samsung dikabarkan akan meluncurkan seri Galaxy Note ...