Petani Pinogaluman serempak menanam padi di bulan November

Petani Pinogaluman Tanam Padi Serempak Bulan November

Gunakan Sistem Tanam Jajar Legowo

(Info BMR) BOROKO–Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutan (baca; BP3K) Kecamatan Pinogaluman optimis bulan ini petani di pinogaluman akan melakukan penanaman padi serempak. Hal ini disampaikan oleh salah satu penyuluh Kecamatan Pinogaluman Bader Alpiqi, SP saat reporter media ini berkunjung ke kantor BP3K Pinogaluman Rabu, 26 November 2014 sekira pukul 14.00 wita. Pernyataan itu cukup beralasan, sebab berdasarkan pantauan langsung ke lokasi persawahan, terlihat para petani tengah mempersiapkan perihal penanaman tersebut. “Insya Allah minggu depan torang somo batanam,” ujar Parmin dengan dialeg, Melayu-Manado.

Alpiqi menambahkan bahwa sebagian besar petani Pinogaluman ikut serta dalam program Sekolah Lapang Pengolahan Tanaman Terpadu (baca; SL-PTT) dengan pola tanam Jajar Legowo, sebab sebelumnya para petani berhasil meraih keuntungan yang lumayan meningkat dengan pola tanam itu. Pada tahun sebelumnya hasil rata-rata berat gabah petani melaksanakan Pola tanam Jajar Legowo di Kecamatan Pinogaluman meningkat sekitar 7,5 ton/ha. Angka ini memang sangat signifikan jika dibandingkan dengan Pola tanam Segi Tiga yang pada umumnya digunakan oleh petani hanya berkisar 3,5 – 4 ton/ha berat gaba kering.

Dia pun menambahkan dari 625 Ha luas lahan pertanian padi sawah  di Kecamatan Pinogaluman jika rata-rata dalam setiap hektar memperoleh hasil 7,5 ton/, maka dapat dipastikan petani pinogaluman akan sejahtera” tutur Almnus Pertanian UDK itu. (Tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...