Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Aktrida Indah Datunsolang
Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Aktrida Indah Datunsolang

Perjelas Status Transmigrasi Goyo, DPRD Hearing Pemkab Bolmut

Infobmr.com, BOROKO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), (18/02/2016) kembali memanggil Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Camat Bolangitang barat, serta para asisten Pemkab Bolmut.

Hearing atau dengar pendapat tersebut digelar terkait status Desa Goyo. Sebab, terinformasi status Goyo sudah diserahkan ke Pemkab Bolmut namun hingga kini, kondisi Transmigrasi Goyo yang masih memprihatinkan.

“Sebelumnya ada beberapa warga mendatangi DPRD, curhat soal pembangunan goyo yang belum tersentuh anggaran apapun dari daerah,” ungkap ketua komisi satu Aktrida Datunsolang ST saat membuka hearing bersama Disnakertrans. Dia menambahkan, jika status tranmigrasi Goyo sudah dialihkan ke Pemkab, seharusnya sudah dijadikan desa Persiapan.

Asisten satu Pemkab Bolmut Faridudin Gumohung saat hadir dalam hearing mengatakan, ada janji dari Propinsi soal sertifikat Goyo yang akan turun di 2016 namun akibat adanya peralihan Gubernur membuat banyak dokumen yang belum bisa tertandatangani. “Saat ini dokumen pemekaran goyo suda berada dimeja Gubernur tinggal menunggu kapan surat itu akan ditandatangani,” jelasnya.

Hal berbeda diungkap anggota komisi satu Abdul Eba Nani. Menurutnya ada informasi, keseluruhan lahan hanya dikuasai oleh beberapa orang sehingga ketika terbitnya sertifikat dari propinsi, akan menguntungkan pihak tertentu. “Ini menjadi persoalan karena ada keterlibatan oknum aparat yang memiliki lahan sangat besar di Goyo. DPRD tidak akan mengambil resiko ketika dimekarkan tapi hanya dikuasai oknum tertentu,” jelasnya.

Sementara wakil ketua DPRD Bolmut Arman Lumoto menilai, persoalan Goyo seperti api dalam sekam sehingga ketika dimekarkan akan menuai kendala. Secara politik, hal tersebut baiknya disampaikan ke DPRD agar Dekab juga mengetahui persoalan pemekaran Goyo. “Jangan nanti ketika ada persoalan baru DPRD dilibatkan,” cetus Lumoto.
Sementara kepala Disnakertrans Bolmut Karim Lalisu membantah jika dikatakan lahan Goyo hanya dikuasai beberapa oknum. Menurutnya lahan tersebut milik kementrian transmigrasi diluar dari itu dianggap ilegal.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...