Kepala Dinas Pariwisata Bolmut, Sofianto Ponongoa, S.Pd

Peninggalan Eks Swapraja Potensi Wisata Budaya Bolmut

Infobmr.com, BOROKO – Tidak dapat dipungkiri menjadi daerah yang pernah berdiri dua kerajaan besar, yakni Kerajaan Kaidipang Besar dan Kerajaan Bintauna, menjadikan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kaya akan potensi budayanya. Apalagi jika keberadaannya dapat dieskplorasi lagi, sehingga kekayaan ini tidak hanya menjadi sejarah dan pada akhirnya lekang oleh waktu dan terlupakan.

Untuk mempertahankan bekas-bekas peninggalan dua esk swapraja ini, pemerintah pun mulai melakukan langkah-langkah dalam memlindunggi situs-situs bersejarah tersebut. hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bolmut Sofianto Ponongoa belum lama ini.

“Bolmut sangat special, karna punya kekayaan sejarah dua eks swapraja yang sampai saat ini, bukti-bukti peninggalannya masih dapat kita jumpai. Sehingga itu pemerintah akan terus berupaya agar keberadaan peninggalan sejarah itu terus bertahan dan bisa diekplorasi lagi, sehingga apa yang sudah mulai hilang bisa kembali diangkat dan diperkenalkan kepada generasi-generasi kita nanti,” ujar Ponongoa.

Dikatakannya, bukti sejarah itu menjadi indentitas daerah, dan jika ditarik pada bidang pariwisata ini sangat potensial jika dikelolah secara profesional. “Karena yang menarik para turis itu bukan hanya pada wisata alam atau pantainya, tapi lebih dari itu para turis manca negara datang ke indonesia untuk mencari hal yang unik-unik termasuk adat dan budaya di daerah tujuan mereka,” jelas Ponongoa.

Dia menyampaikan lagi, meski terkait bidang kebudayaan tidak masuk dalam bidang Dispar,  karena bidang tersebut melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), akan tetapi dalam melakukan pengembangan potensi-potensi tersebut ke arah pariwisata maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dikbud guna memaksimalkan potensi kebudayaan yang ada di daerah. “Koordinasi kita akan jalin terus, sehingga dalam pengembangan potensi-potensi yang punya keterkaitan dengan pariwisata dapat terkelola dengan maksimal,” kuncinya. [dan]

Peninggalan Eks Swapraja Potensi Wisata Budaya Bolmut

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...