Pengurusan Izin Usaha Dipermudah

Infobmr.com, BOROKO – Dalam upaya mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan secara prima, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara (Bolmut) mempermudah pengurusan izin, terutama usaha mikro.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh melalui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bolmut Mohamad Sadarudin Pontoh belum lama ini menjelaskan, hal tersebut dilakukan guna mempermudah masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

“Untuk perizinan  usaha mikro sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 11 tahun 2012 itu sudah dilimpahkan kewenangannya di Kecamatan,”
ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk pemberian izin usaha mikro yang masih menjadi kewenangan pihaknya yakni permohonan dengan modal usaha mikro diatas Rp 50 juta. Sementara yang di bawah Rp 50 juta itu jadi kewenangannya pemerintah kecamatan dalam mengeluarkan izinnya. “Kecuali modal usaha mikro yang diatas Rp 50 juta itu jadi kewenangan kami mengeluarkan izinnya. Jika dibawah angka itu, maka jadi kewenangan dari Pemerintah kecamatan sesuai dengan regulasi Perbup nomo 11 tahun 2012 itu,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah pemerhati daerah pun berharap agar pemerintah kecamatan dapat dengan intens melakukan sosialisasi terkait dengan perizinan usaha mikro kepada masyarakat. Agar masyarakat tidak lagi harus jauh-jauh dan memakan waktu lama dalam mengurus perizinan usaha yang akan mereka dirikan.

“Dimudahkannya pemberian izin bagi masyarakat yang ingin mendirikan usaha kecil harusnya dimanfaatkan baik oleh masyarakat. untuk itu pemerintah daerah, kecamatan hingga desa harus benar-benar mempermudah, apalagi saat ini proses pelayanan izin usaha mikro ini sudah dapat dilaksanakan di kecamatan, sehingga itu sosialisasi tentang masalah perlu digenjot lagi,” ujar Saleh Ahmad, salah satu masyarakat Bolangitang.[*]

Pengurusan Izin Usaha Dipermudah

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...