Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Infokom (Syaripudin Potabuga)

Pengoperasian Terminal Boroko Ditunda Tahun 2018

Infobmr.com, BOROKO  –  Proyek pembangunan Terminal Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang sudah dimulai sejak tahun 2014 ternyata hingga kini masih belum bisa dioperasikan. Pasalnya satu-satunya Terminal yang digadang-gadang menjadi pusat beroperasinya angkutan umum itu masih dalam tahap pembangunan.

Kritikan pun datang dari salah satu aktivis muda Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bolmut Nofrianto Muhibal yang ikut prihatin dengan lamanya proses pembangunan Terminal itu.

Kepada reporter media Infobmr.com Muhibal menyatakan jika seharusnya Pemerintah Daerah setempat tidak memperlambat pembangunan terminal tersebut, karena ditakutkan jika berlama-lama maka akan berdampak pada kerusakan disejumlah fasilitas dan bangunan didalamnya.

“Terminal ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat Bolmut sejak tahun 2014, namun hingga kini belum ada tanda-tanda kapan akan dimulai pengoperasiannya. Jangan sampai penundaan ini hanya akan merugikan uang Negara, yang berujung pada rusaknya sejumlah bangunan serta fasilitas terminal yang sudah ada.” Ujar pria berambut gondrong itu

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi M. Syarifudin Potabuga yang ditemui diruang kerjanya, Rabu (01/12/2016) menyatakan bahwa pihaknya telah merencanakan waktu operasi terminal yakni tahun 2017, namun karena terhambat anggaran dari pusat, maka terjadi penundaan hingga tahun 2018 nanti.

“Saya sedikit kecewa karena target awal mulai dioperasikannya terminal itu yakni tahun 2017, namun karena proses pembangunan belum sepenuhnya selesai karena ada masih ada pengerasan aspal sepanjang 100 meter lagi, maka mau tidak mau hal ini akan ditunda.” Terangnya

Dia melanjutkan jika faktor utama penundaan ini adalah penyaluran anggaran dari pemerintah pusat yang cenderung setengah-setengah.

“Dana ini sepenuhnya berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang disalurkan melalui Kementerian Perhubungan. Hingga kini sudah ada 3 tahap pembangunan yang dilakukan, yakni sejak tahun 2014 dengan anggaran sebesar 9,2Miliar, 2015 sebesar 6,8 Miliar, 2016 sebesar 4,8 Miliar dan akan menyusul tahap 4 pada tahun 2017 yakni sebesar 10 Miliar. Saya menyesalkan kenapa anggaran tersebut tidak diberikan sekaligus yakni dengan total 30,8 Miliar supaya pembangunannya pun bisa dipercepat. Dan hal ini sudah saya keluhkan kepada pihak Kementerian, namun kemungkinan ada pembangunan yang sama di Daerah lain sehingga anggaran serta konsentrasi mereka pun harus terbagi-bagi.” Ungkapnya

Dirinya pun berharap jika proses ini bisa secepatnya selesai agar tidak berdampak pada kerusakan fasilitas di dalam terminal karena terlalu lama tidak dioperasikan, sehingganya pihaknya menargetkan tahun 2018 Terminal Boroko sudah bisa beroperasi dan mampu memberi nilai positif bagi perkembangan ekonomi di Bolmut. (Chan)

Pengoprasian Terminal Boroko Ditunda Tahun 2018

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...