Pemkab Minta Warga Sadar

20.955 Warga Belum Terekan E-KTP

(INFO BMR) BOROKO – Dari jumlah total masyarakat kabupaten Bolmong utara (baca; Bolmut) sebanyak 88.426 jiwa, dan untuk masyarakat yang kini masuk kategori wajib Kartu Tanda Pengenal (baca; KTP), sebanyak 60,533 jiwa ternyata baru sekitar 39,578 jiwa masyarakatnya yang sudah terekam elektronik KTP atau e-KTP. Untuk sisanya sebanyak 20,955 jiwa warga bolmut lainnya sampai dengan saat ini belum melakukan perekaman e-KTP.

Hal ini seperti dikatakan oleh, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (baca; Disdukcapil) Bolmut, Parmin Mokodompis. “Untuk perekaman e-KTP sampai dengan saat ini terus dilakukan oleh pihak kami, maupun di tingkat kecamatan. Namun, masih terbilang banyak masyarakat yang sampai saat ini belum terekam untuk pembuatan e-KTP.  Dan upaya pelayanan terus kami lakukan,” ujarnya

Menurut dia, dari jumlah masyarakat yang wajib KTP, sesuai data yang ada di instansinya, sebanyak 60.533 jiwa. Namun yang sampai saat ini telah terekam untuk pembuatan e-KTP sebanyak, 39,578 jiwa. “Sisanya sekita 20,955 jiwa yang belum terekam. Tapi angka itu akan bersifat dinamis, karena ada yang akan sudah wajib KTP di tahun ini,” jelasnya.

Dia menjelaskan, jika sampai dengan saat ini masyarakat yang mengunakan KTP compensional ada sebanyak  25,777 jiwa, dan mereka-mereka itu masih akan di data lagi dalam pembuatan e-KTP. “Untuk pengusulan e-KTP, mereka yang masih mengantongi KTP konpensional tetap akan di data lagi, untuk menghindari adanya data yang sama,” terangnya.

Ditambahkanya, kendala yang di alami saat ini, selain masalah jaringan serta kerusakan alat perekam yang ada di beberapa kecamatan, minimnya kesadaran masyarakat yang juga jadi masalah. “Untuk kerusakan alat, hanya terjadi di kecamatan sangkub, selain itu adanya kendala masalah jaringan internet. Tapi yang paling utama kendala di sini ialah, kesadaran masyarakat akan pentingnya data kependudukan ini. Dan kami berharap masyarakat dapat bisa meluangkan waktunya untuk mengurus KTP di kecamatan atau di Disdukcapil,” tukasnya.(dan/vid)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Juliari Batubara dan Edhy Prabowo pantas Dituntut Hukum Mati

Infobmr.com – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dan ...