Pemkab Bolmut Naikkan TKD PNS

Infobmr.com, BOROKO – Di tahun anggaran 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), kembali menaikan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada dilingkup Pemkab setempat.

Namun kenaikan TKD yang dikabarkan besarannya 5 sampai 15 persen itu, hanya untuk pegawai dengan status Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama, atau setingkat pejabat eselon II b.

Hal ini dikatakan oleh, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) setempat, Aang Wardiman melalui Kepala Bidang (Kabid) Akuntansi Sirajudin Lasena kepada sejumlah wartawan. “Ada kenaikan TKD dan itu sudah dianggarkan pada APBD 2017. Besarannya sekitar 5 sampai 15 persen. Tapi kenaikan ini hanya bagi JPT pratama atau pejabat berpangkas eselon II b,” ungkap Lasena belum lama ini.

Dikatakannya, kenaikan ini dilihat dari besaran TKD bagi JPT pratama di Bolmut yang terbilang rendah dibanding dengan daerah-daerah lainnya. “Dinaikannya TKD pejabat setingkat Sekda, Kepala Dinas (Kadis) dan Kepala Badan (Kaban) itu guna menunjang kinerja mereka lebih baik lagi. Selain itu, TKD di Bolmut untuk JPT pun selama ini terbilang rendah,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan tidak adanya kenaikan TKD bagi PNS yang bukan pejabat eselon II b. seperti pejabat setingkat eselon III dan IV dan staf hal itu dikarenakan besaran TKD untuk tingkatan pejabat tersebut terbilang sudah tinggi. “Kalau tidak salah untuk TKD, bagi pejabat eselon III, IV dan staf, khususnya fungsional kesehatan di Bolmut terbilang tertinggi, kalau tidak keliru tertinggi ke dua atau ketiga se Sulut. Makanya dari kajian itu, tahun depan belum ada kenaikan TKD untuk tingkatan jabatan dibawah JPT pratama,” ulasnya.

Masyarakat pun berharap, adanya kenaikan TKD bagi PNS khususnya para JPT pratama ini, lebih khususnya bagi pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar bisa lebih memperlihatkan etos kerja yang profesional dan maksimal. “Jika TKD ini alasannya untuk menunjang kinerja Pejabat, maka harapan kami besaran TKD ini dapat sebanding dengan kinerja mereka. Jika pun dalam menjalankan tugas para pimpinan SKPD ini terkesan tak maksimal, maka perlu dievaluasi oleh pimpinan daerah sebagai pengambil kebijakan tertinggi di daerah,” harap Yambat Pontoh salah satu pemerhati di Bolmut. (dan)

Pemkab Bolmut Naikkan TKD PNS

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Awas Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini dari Ponsel Android Anda

Infobmr.com, TEKNO – Perangkat Android kembali mendapat ancaman serangan program ...