Sekda Bolmong Utara, Dr. Asripan Nani, M.Si
Sekda Bolmong Utara, Dr. Asripan Nani, M.Si

Pemkab Bolmut Minimalisir Temuan TGR

Infobmr.com, BOROKO – Untuk menertibkan pengelolaan keuangan yang berbasis akrual serta meminimalisir temuan Tuntutan Ganti Rugi (TGR), terhitung sejak oktober ini dalam transaksi keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara (Bolmut) mulai menerapkan sistem berbasis non tunai.

Menurut Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut Dr.Asripan Nani, M.Si., melalui Kepala Bidang Anggaran Riyatman Talibo, dalam penerapannya akan dilakukan secara bertahap, dan nantinya maksimal pada januari 2018 nanti. Seluruh transkasi keuangan pegawai harus dilakukan secara non tunai atau lewat rekening mereka masing-masing.

“Untuk penbayaran gaji, tunjangan, dan SPPD (perjalanan dinas) sudah harus lewat rekening masing-masing dan itu tidak hanya berlaku untuk pegawai, tapi juga berlalu untuk tenaha honorer atau pegawai tidak tetap,” jelas Riyatman.

Untuk transaksi keuangan dibawah Rp 1 juta, sambung Riyatman, masih dibolehkan pembayarannya secara tunai atau sistem pencairannya lewat bendaharan selanjutnya bendahara menyerahkan uang tersebut secara tunai ke penerimana. “Itu kalau di bawah Rp 1 juta. Tapi kalau diatas Rp 1 juta wajib transaksi non tunai,” tegasnya.

Dia menambahkan, pasca mulai diberlakukannya kebijakan ini, seluruh ASN dan pegawai tidak tetap mulai mengurus rekening pribadi mereka masing-masing. Dan hal ini pun mulai ditindak lanjuti oleh Pihak Bank dalam hal ini Bank Sulut selaku bank daerah. “Intinya pascapenerapan ini, semua pegawai baik organik dan non organik mulai mengikuti kebijakan tersebut. Karena semua ingin kedepannya pengelolaan keuangan di daerah ini lebih baik,” pungkasnya.[dan]

Pemkab Bolmut Minimalisir Temuan TGR

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Juliari Batubara dan Edhy Prabowo pantas Dituntut Hukum Mati

Infobmr.com – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dan ...