Pemkab Bolmut Gelar Pembebasan Lahan Obyek Wisata

(Info BMR) BOROKO—Keseriusan Pemkab Bolaang Mongondow Utara dalam meningkatkan obyek wisata semakin tidak terbendung lagi. Salah satu obyek wisata yang diseriusi oleh pemkab Bolaang Mongondow Utara adalah Obyek wisata Batu Pinagut yang ada di Pantai Boroko. Keseriusan itu dibuktikan dengan Pembebasan lahan (ganti rugi) kepada masyarakat yang memiliki tanah di areal Batu Pinagut, yang di bayar langsung oleh Bagian Umun (Setda) bertempat di ruangan Kepala Bagian Umum pada Selasa 23 Desember 2014 di mulai Pukul 21.00 sampai 00.00 wita.

Dalam Acara Pembebasan lahan (ganti rugi) itu dihadiri langsung oleh Camat kaidipang, JR Buhang, Sangadi Boroko Utara dan Sekdes Boroko Timur yang berkapasitas sebagai Saksi dalam proses pembayaran tanah tersebut.

Sementara itu, masyarakat yang menerima pembayaran tanah ganti rugi itu berjumlah 28 Orang masing-masing, Boroko Timur 16 orang, Boroko Utara 9 orang, dan kuala utara 3 orang. Dan tanah yang dibayar oleh Pemkab Bolaang Mongondow Utara dalam pembebasan lahan tersebut seluas 3,7 hektare.

Kepala Bagian Umum Sisdar Paputungan saat di wancarai mengatakan “kalau kemarin-kemarin di transfer langsung ke rekening bank masing-masing pemilik tanah, sekarang model ganti rugi langsung di bayar ke pemilik tanah, dan apa yang kami lakukan ini sudah di atur dalam regulasi pembayaran tanah serta kemauan pemilik lahan itu sendiri”. Kata pria yang selalu berpenampilan menarik itu

Pembebasan lahan  itu mencapai Rp 1,2 M. Rinciannya ; tanah yang di bayar dihitung dengan cara Rp.35.000/meter dan pohon kelapa yang tumbuh di areal pembebasan lahan di bayar per pohon, 1 Pohon kelapa Besar harganya Rp.150.000 dan kelapa kecil Rp.100.000. ujar Kabag Umum

Sisdar Paputungan juga menambahakan lahan yang dibayar oleh Pemkab ini akan di jadikan jalan aspal menuju lokasi obyek wisata batu pinagut dan juga akan di bangun beberapa gedung wisata oleh Pemkab sebagai wujud dalam meningkatkan Obyek wisata yang ada di bolaang Mongondow Utara”. Tutup Mantan Camat Pinogaluman.(Tr-02)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...