Pemda Bolmut Teken Komitmen ‘Berantas’ Stunting

Infobmr.com, BOROKO – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kamis (22/11/2018) melakukan penandatanganan komitmen bersama 100 kabupaten/kota se-indonesia terkait pemberantasan masalah gizi kronis yang menyebabkan anak kerdil (stunting.red) di Jakarta.

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan rapat kerja teknis (Rakernis) dalam upaya penaggulangan acaman stunting terhadap jutaan anak di Indonesia yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bolmut, Drs. Amin Lasena, M.AP bersama Bapelitbang, Dinas Kesehatan, Dinas PMD dan Dinas PUPR.

Berdasarkan data yang dirilis World Health Organization (WHO), di Indonesia tercatat 7,8 juta dari 23 juta balita adalah penderita stunting atau sekitar 35,6 persen. Sebanyak 18,5 persen kategori sangat pendek dan 17,1 persen kategori pendek. Ini juga yang mengakibatkan WHO menetapkan Indonesia sebagai Negara dengan status gizi buruk. Sementara berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat satistik (BPS), di tahun 2018 presentasi stunting di bolmut masih di kisaran 30%.

Saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan Whatsaap, Wabup Amin Lasena mengatakan dalam Rekernis tersebut,Kabupaten  Bolmut masuk dalam 100  Daerah Prioritas penanggulangan/pencegahan Stunting.

“Itu artinya Bolmut persentase Stunting masi tinggi. Data BPS  sampai dengan Tahun 2018 masi sekitar 30 persen,”kata Wabup Amin Lasena via Whatsaap, Jumat (23/11/2018).

Oleh karena itu,Lanjut Wabup, Pemerintah pusat maupun Provinsi dan Kabupaten harus berkomitmen melakukan upaya percepatan penanggulangan/pencegahan Stunting.

“Tentunya komitmen ini harus dituangkan dalam kebijakan program pembangunan Daerah,”ujar Wabup

Ditambahkannya,setelah rakernis dan penandatangan komitmen ini, Bolmut nantinya  segera di buatkan tim khusus penanggulangan/pencegahan stunting dari lintas instansi yang akan di awali pembuatan Perturan Bupati (Perbub) tentang Penanggulangan dan Pencegahan Stunting. [dan]

Pemda Bolmut Teken Komitmen ‘Berantas’ Stunting

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...