Pemda Bolmut Hadiri Rakornas Pilkada

(Info BMR) BOROKO – Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh bersama Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko, SH (7/5) menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada serentak 2015 yang diadakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bertempat di Balai Kartini. Acara yang dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdji didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo secara resmi membuka Rakornas Persiapan Pilkada Serentak 2015 yang ditandai dengan membunyikan Gong.

Dalam sambutannya Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdji meminta kepada KPU untuk memaksimalkan sosialisasi teknis penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2015. Hal ini untuk mencegah terjadinya sengketa pada pelaksanaan Pilkada, maka diperlukan komunikasi yang harmonis KPU Pusat, KPU Daerah dan jajarannya serta para calon dan yang terkait agar tidak terjadi sengketa yang bisa menghambat penyelenggaraan Pilkada.

Jika terjadi sengketa dan kesalahpahaman, Menko Polhukam meminta kepada KPU dan jajaran untuk mensosialisasikan teknis Pilkada agar dapat dipahami oleh seluruh pihak terkait. Menko Polhukam juga menyoroti tingkat partisipasi masyarakat sebagaib salah satu parameter utama demokrasi. Partisipasi masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas penyelenggara dan peserta Pilkada. Menko Polhukam juga berharap agar semua pihak mampu menjalin sinergitas dan keharmonisan sebab ini adalah kunci utama mewujudkan Pilkada serentak. Adapun pokok pembahasan dalam Rakornas ini adalah hal yang terkait dengan kesiapan Regulasi pelaksanaannya, dukungan anggaran dan personel, ketersediaan data kependudukan, dukungan keamanan dan ketertiban, penanganan dan penyelesaian sengketa pemilihan, serta aspek terkait lainnya.

Rangkaian pelaksanaan Pilkada serentak akan dimulai pada 9 Desember 2015 di 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 36 Kota. Pilkada selanjutnya akan digelar pada Februari 2017 di 7 Provinsi, 76 Kabupaten dan 1 Rangkaian pelaksanaan Pilkada serentak akan dimulai pada 9 Desember 2015 di 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 36 Kota. Pilkada selanjutnya akan digelar pada Februari 2017 di 7 Provinsi, 76 Kabupaten dan 18 Kota. Pada Bulan Juni 2018, akan digelar Pilkada di 17 Provinsi, 115 Kabupaten, dan 39 Kota. Pilkada serentak secara nasional akan digelar pada tahun 2027 di 541 Daerah. Sedangkan Pelantikan Gubernur terpilih akan dilakukan oleh Presiden secara bersamaan di Istana Negara dan untuk Bupati/Walikota pelantikannya akan tetap dilaksanakan dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten/Kota.

Rakornas ini dihadiri oleh Pimpinan BPK-RI, Menkumham Yasonna Laoly, Wakil Menteri Keuangan Dr. Mardiasmo, MBA, Kapolri Badrodin Haiti, Ketua dan Anggota Komisi II DPR-RI, Perwakilan KEJAGUNG, Ketua KPU Husni Kamil Manik, Ketua Bawaslu Dr. Muhamad, S.IP dan para peserta Rakornas Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...