Pembalakan Liar

Pembalakan Diduga Penyebab Banjir

Hutan Bolmut Memprihatinkan

(INFO BMR) BOROKO – Maraknya Pembalakan liar yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (baca; Bolmut) diduga kuat menjadi kontributor bencana banjir. Tentunya juga berdampak ke desa-desa yang bakal terisolir akibat musibah banjir.
Hal tersebut  diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (baca; BPBD) Bolmut Robert Bonde beberapa hari yang lalu. Disebutkannya ada 9 sembilan daerah rawan bencana. Semuanya diakibatkan dari maraknya pembalakan secara membabi buta di Hulu sungai.

“Salah satu penyebab terjadinya musibah banjir di sebagian wilayah Bolmut adalah maraknya pembalakan liar di kawasan hutan yang .jauh dari perkampungan warga,” ungkap Bonde

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (baca; DPRD)  Bolmut Ramses Sondak. Politisi PKB itu mengatakan  bahwa Pembalakan secara liar mengakibatkan Hutan Bolmut semakin memprihatinkan. Kepada media ini  Sondakh memberi solusi  agar pihak eksekutif  dapat mengkaji kembali soal ijin usaha Showmil yang ada disetiap Kecamatan.

“Keberadaan showmil perlu ditinjau kembali. Terkadang pasokan kayu sudah melebihi dari izin. Tentunya, itu membuka peluang para penebang pohon melancarkan aksi pembalakan secara membabi buta,”tukas Ramses.
Ditambahkannya, bahwa yang memiliki ijin maupun tidak adalah hal yang sama. Karena keduanya tetap merusak hutan.

Sementara itu Kepala Bidang Kehutanan Kabupaten Bolmut Daniel Palilu saat dikunjungi diruang kerjanya sedang tidak berada ditempat.
“Bapak lagi di Manado ada tugas luar,” ungkap salah satu staf  Kehutanan yang tidak  ingin disebutkan namanya. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...