Pengadaan Air Bersih RSUD Bolmut Akan di Masukan Pada APBD-P 2016
Mahmud Tegela

Pelayanan Dukcapil Bolmut Diapresiasi

Infobmr.com, BOROKO –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat yang menjamin tidak ada Surat keterangan (Suket) palsu.

Anggota Komisi I Mahmud Tegila mengatakan, bahwa surat keterangan memang sangat diperlukan, sehingga diharap agar tidak ada oknum yang menyalah gunakan surat tersebut mengingat ini adalah tahun politik.

Dia sangat mengapresiasi, langkah dari instansi terkait karena dapat membantu masyarakat dalam pengurusan e – KTP.

“Mengingat juga Pimilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sudah tidak lama lagi akan digelar, sebab yang wajib menggunakan hak pilih sesuai aturan hanya bagi penduduk yang telah memiliki KTP Elektronik dan surat keterangan dari Dinas Dukcapil Bolmut,” kata Papa Anto Sapaan Akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dukcapil melalui Kabid Pencatatan Sipil Hartono Lauma menjelaskan, bahwa penerima surat keterangan hanya diberikan bagi mereka yang merekam kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. “Dahulu jalur untuk itu (pembuatan suket palsu) banyak, sekarang semua bekerja berdasarkan sistem,” ujar Hartono.

Ia menuturkan, sistem itu sudah berlaku sejak Agustus 2017. Ia memperkirakan di KPU sudah ada alat pelacak untuk mencari tahu keaslian suket. “Aplikasi itu akan memeriksa keaslian suket. Dengan itu, suket tidak bisa dipalsukan, sekarang memang sulit. Pakai KTP sementara untuk memilih juga tidak bisa,” jelasnya.[dan]

Pelayanan Dukcapil Bolmut Diapresiasi

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...