Ketua PB KPMIBU, Ramlan Tinamonga, SP

PB KPMIBU Segera Bakukan Materi OKM

Infobmr.com, BOROKO  –  Bertempat di Gajebo Pantai Batu Pinagut, Desa Boroko Timur, Minggu (18/11/2017) Pengurus Besar Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (PB KPIMBU) bersama sejumlah mantan pengurus cabang KPMIBU, melangsungkan rapat tentang rencana pembakuan materi yang diberikan pada Orientasi Kader Mania (OKM) di setiap cabang.

Ketua PB KPMIBU, Ramlan Tinamonga, SP, mengatakan jika rencana pembakuan materi OKM ini bertujuan untuk menyatukan persepsi pengetahuan dari seluruh cabang yang ada.

“Sampai saat ini, hal yang paling menggelisahkan di tataran pengurus cabang adalah tidak adanya susunan baku materi pada OKM. Hal ini akan berimbas pada perbedaan sudut pandang pengetahuan dan materi yang di dapat tiap cabang. Misalnya berkaitan dengan materi Kearifan lokal Bolmut, Sejarah Bolmut, Sejarah KPMIBU, serta Konstitusi.” Terangnya

Lebih lanjut, dia mengatakan jika, lewat kepengurusannya ini, PB-KPMIBU akan menyusun kembali materi-materi yang wajib diberikan pada OKM, dan berencana membagi jenjang kaderisasi cabang menjadi dua tahap, yakni OKM 1 dan OKM 2.

“Disamping agenda penyusunan materi OKM yang baku, kami pun berencana membuat jenjang kaderisasi menjadi dua tahap. Tahap pertama akan disuguhkan materi-materi yang berkaitan dengan spirit kader, sedangkan OKM tahap kedua  sudah dipersiapkan materi-materi khusus yang nantinya kader tersebut akan mengisi lini Pengurus Cabang maupun Pengurus Besar. Namun hal ini masih dalam tahap perumusan, yang pastinya akan melibatkan gagasan dari para alumni KPMIBU.” ujar Tinamonga.

Sementara itu, mantan Pengurus Cabang KPMIBU Cakra Abdurrahim Buhang, SH, mengatakan, PB KPMIBU harus secepatnya merumuskan materi baku ini, agar semua cabang bisa seragam dalam hal penerapan kaderisasi.

“Setelah materi ini selesai dirumusakan, maka PB KPMIBU harus melakukan Training Of Trainers (TOT) bagi beberapa kadernya yang dipercayakan untuk membawakan rumusan materi ini di setiap cabang, tujuannya agar proses kaderisasi dan materi di setiap cabang itu berlangsung seragam.” ungkap  Alumnus Fakultas Hukum Unsrat Manado itu. [chan]

PB KPMIBU Segera Bakukan Materi OKM Cabang

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Juliari Batubara dan Edhy Prabowo pantas Dituntut Hukum Mati

Infobmr.com – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dan ...