Kepala Inspektorat Bolmut, Sulha Mokodompis

Para Sangadi Mulai ‘Dikuliti’, Inspektorat Bentuk 8 Tim

Infobmr.com, BOROKO – Memasuki akhir tahun anggaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut, melalui Inspektorat Kabupaten, mulai melakukan audit atau pemeriksaan terhadap pengelolaan dana desa (Dandes), tahun 2017.

Kepala Inspektorat Kabupaten Bolmut Dra Sulha Mokodompis menyampaikan, bahwa sebelum tim pemeriksa diturunkan, telah dilakukan pembinaan terlebih dahulu terkait dengan berbagai regulasi yang mengatur tentang pengelolaan anggaran dana desa, serta pertanggungjawaban administrasinya.

Dia menjelaskan, terkait dengan pemeriksaan Dandes itu, tim audit akan langsung turun ke desa dan melakukan pemeriksaan terhadap semua penggunaan Dandes tersebut, mulai dari pemeriksanaan kegiatan fisik  maupun non fisik. “Semuanya akan kita periksa, untuk memastikan dana desa tersebut telah dialokasikan dan dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan,”  terangnya.

Untuk proses pemeriksaannya, sambung Sulha, pihaknya telah membagi tim 8 kelompok yang terdiri dari 3 hingga 4 orang. Kemudian pemeriksaannya di bagi dalam 2 tahap yakni untuk tahap pertama akan difokuskan di seluruh desa pada 3 kecamatan, kemudian tahap kedua disusul seluruh desa lainnya di 3 kecamatan lainnya, sehingga pemeriksanaan rampung sebelum akhir Bulan Desember nanti.

Disinggung mengenai keluhan masyarakat terkait dengan pengelolaan dana desa, Sulha mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan resmi dari masyarakat atau pihak manapun kepada Inspektorat. Namun demikian, pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat merupakan pemeriksaan reguler setiap tahun anggaran. “Ada atau tidak laporan masyarakat mengenai pengelolaan dana desa, kami tetap melakukan pemeriksaan karena pemeriksaan rutin yang sekaligus dirangkaikan dengan pembinaan,” lugasnya.[dan]

Para Sangadi Mulai ‘Dikuliti’, Inspektorat Bentuk 8 Tim

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Salah Kirim

Infobmr.com, TEKNOLOGI – WhatsApp akhirnya merilis fitur yang sudah dinantikan banyak penggunananya. Fitur ini memungkinkan ...