Kepala Kementerian Agama Bolaang Mongondow Utara saat menghadiri tradisi Mopohabaru Idul Fitri 1439 H

Merawat Tradisi, Ambah Hadiri Prosesi Mopohabaru Idul Fitri 1439 H

Infobmr.com, BOLMUT – Bertempat di Rumah Dinas Plt. Bupati Suriansyah Korompot, SH., pada pukul 07.30 wita, jumat (08/06/2018), Kepala Kantor Kemenag Bolmut, Hi. Sulaeman Ambah, S. Ag., menghadiri prosesi Mopohabaru yang dilaksanakan oleh Aliansi Lembaga Adat bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Gelaran prosesi adat Mopohabaru (mengabarkan, red) ini terkait dengan datangnya hari besar agama Islam, yakni Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

Prosesi yang rutin dilaksanakan oleh Lembaga adat dan Pemerintah daerah ini, biasanya dilakukan sepekan sebelum perayaan atau peringatan hari-hari besar keagamaan di Kabupaten Bolmut.

Selain menjadi tradisi, Adat mopohabaru sendiri sudah selalu dilakukan oleh pemerintah daerah, dan lembaga adat dengan melibatkan unsur dan tokoh agama, juga untuk memberikan kabar kepada masyarakat terkait hari besar keagamaan di Kabupaten Bolmut.

Pada agenda yang berlangsung secara khidmat tadi juga membahas tempat pelaksanaan Sholat Ied serta petugas yang akan bertugas sebagai Khatib, Imam, dan Bilal.

Plt. Bupati dengan santun memohon dan memberikan amanah kepada Kakan Kemenag Bolmut Sulaeman Ambah untuk bertugas sebagai Khatib pada Sholat Ied yang sesuai putusan akan dilaksanakan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko.

“Saya memohon agar kiranya bapak Hi. Sulaeman Ambah, S. Ag., yang akan menjadi khatib pada sholat ied nanti”, ucap Korompot pada sambutannya. [chan]

Merawat Tradisi, Ambah Hadiri Prosesi Mopohabaru Idul Fitri 1439 H

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...