Anggota Komisi I, Mulyadi Pamili

Masyarakat Dihimbau Proaktif Awasi Penyalahgunaan Eha-bond

Infobmr.com, BOROKO – Maraknya penyalahgunaan eha-bond dikalangan remaja dan pelajar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara harus menjadi perhatian serius semua stake holder yang ada.

Bukan tidak mungkin, penggunaan lem yang mengandung zat Lysergic Acid Diethyilamide atau LSD ini dapat merusak kesehatan generasi penerus bangsa, sebab pemakaian secara terus menerus akan mengakibatkan ketergantungan fisik dan psikologis. Selain itu,risiko yang pasti terjadi adalah kerusakan pada sistem saraf serta organ-organ penting lainnya, seperti jantung, paru-paru dan hati.

 

“Salah satu zat yang terdapat di dalam lem eha-bond adalah lysergic acid diethyilamide (LSD). Untuk itu, cara termudah mencegah kematian akibat penggunaan napza (khususnya dalam hal ini lem eha-bond), adalah tidak menggunakannya sama sekali.Sebab,jika sekali kecanduan, akan memiliki ketergantungan fisik dan psikologis, yang bisa berlangsung seumur hidup,” kata praktisi kesehatan Sulut dr. Haz Algebra.

Haz mengungkapkan, sejauh ini memang masyarakat belum banyak yang mengetahui zat berbahaya dalam lem yang sering dihirup beberapa pelajar dan remaja ini. Berbeda dengan narkotika yang sudah banyak tersebar informasi dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Justru penyalahgunaan lem belum terlalu mendapat perhatian, padahal efeknya hampir sama dengan menggunakan narkotika.

“Seperti halnya rokok, lem mungkin terdapat zat boncengan lainnya yang belum diketahui efeknya bagi jantung, paru-paru, atau alat vital tubuh lainnya,” terang alumnus Fakultas Kedokteran Unsrat ini.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Mulyadi Pamili pun angkat bicara, dengan mengajak kepada seluruh masyarakat agar dapat membantu pihak kepolisian melakukan operasi pengguna ehabon baik saat jam pelajaran sedang berlangsung maupun dimalam hari.

“Bila ditemukan ada anak muda yang sedang mengkonsumsi ehabon segera dilaporkan kepihak berwajib untuk dibina. Ini butuh peran serta bersama agar generasi muda kedepan tidak terpengaruh dengan hal-hal seperti itu,” tegas politisi Partai Nasdem Bolmut itu.

Dia juga mengungkapkan, bahwa salah satu contoh efek dari penggunaan lem eha-bond baru-baru ini adalah upaya bunuh diri seperti yang terjadi di Kecamatan Bintauna minggu kemarin.

Banca : Aksi Nekat Pecandu Eha-Bond Gegerkan Warga Bolmut

“Kejadian di Bintauna kemarin akibat tidak berfungsinya akal sehat karena dipengaruhi eha-bond. Selain itu, zat yang terkandung dalam ehabon sangat membahayakan bagi siapa saja yang menghirupnya,” imbuh Pamili. [dan]

Masyarakat Dihimbau Proaktif Awasi Penyalahgunaan Eha-bond

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal China bernama “Ryze Tech” menjual ...