Kuburan Raja-raja
Inilah kindisi makam raja-raja Kaidipang

Makam Raja-raja Diabiarkan Tak Terurus

Infobmr.com,  BOROKO –  Bangsa yang besar adalah bangsa yang menjaga nilai-nilai sejarahnya. Namun kondisi ‘situs makam kerajaan Kaidipang yang dibanggakan amat jauh berbeda. Jika diperhatikan dari dekat, kondisi ‘situs jere  (Makam, red) mirip kandang sapi saja. Seharusnya, diusia 9 tahun Bolaang Mongondow Utara sudah ditangani serius oleh Pemerintah Kabupaten. Mengingat Situs Jere sudah termasuk kekayaan daerah yang harus dirawat, dijaga dan dikembangkan nilai-nilainya.

Salah satu warga Boroko Baharudin Korompot, S.Pd Kamis (12/52016) mengatakan, bahwa  kondisi  situs jere tersebut  sangat  memperhatikan, karena  Pagar Jere tersebut rusak dan lapuk termakan usia. Tak hanya itu, disekitar  jere juga dipenuhi  semak belukar

Makam raja-raja

Kondisi makam raja-raja Kaidipang dipenuhi semak belukar

“Negeri ini berkat sejarah dan perjuangan para pendahulu kita, termasuk para Raja. Kuburan raja yang seharusnya dijaga malah tidak terawat. Ini salah satu bukti bahwa Pemerintah setempat tidak menghargai Sejarah dan Perjuangan orang-orang dahulu.” Ujar Korompot.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Moh. Syarifudin Potabuga melalui Kabid Pariwisata Fatlun Paputungan, SE yang ditemui reporter media ini diruang kerjanya mengatakan bahwa, pihaknya tidak ada anggaran untuk melakukan pembersihan maupun pemeliharaan Kuburan tersebut.

“Pemeliharaan itu tidak ditata dalam APBD, sehingganya kami tidak bisa berbuat lebih selain hanya mendata situs bersejara di Bolmut.” Terangnya

Pewarta : Chandriawan Datuela

Editor : Ramdan Buhang

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...