KPUD Dan Kejari Bolmut Teken MoU

Infobmr.com, BOROKO – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) resmi menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Bolmut dalam mensukseskan Pilkada Bolmut 2018.

Kejari nanti akan menjadi pendamping hukum bagi KPUD.

Hal itu ditandai dengan pendatanganan nota kesepahaman alias Memorandum Of Understanding (MoU), di aula kantor KPUD Bolmut, Senin, 18 Desember  2017 sekira pukul 11.00 wita.

Dalam tahapan pelaksanaan pemilihan,  keputusan-keputusan KPU yang dikeluarkan bisa saja menimbulkan efek lanjutan terkait adanya sengketa hukum, yang mana keputusan KPUD menjadi objek sengketa dan objek kriminal.

Ketua KPUD Kabupaten Bolmut, Faisal Husin, S.Pd  menuturkan, penandatangan MoU tersebut dalam rangka memastikan proses penyelenggaraan Pilkada 2018 di Bolmut memenuhi azas kepatuhan hukum.

“Ini adalah bentuk kerja sama dalam rangka bagaimana mensukseskan Pilkada Bolmut, sekaligus Kejari bisa menjadi pendamping dalam masalah hukum,” tuturnya usai penandatangan MoU.

Pelibatan Kejari, lanjut Faisal, karena KPU tidak mempunyai keilmuan dalam mempersepsikan atau mengartikan secara terminologi terhadap suatu peraturan yang mungkin dalam perspektif KPUD berbeda karena bahasa hukum.

“Kejaksaan kan ada yang namanya Jaksa Pengacara Negara, sehingga nantinya apapun persoalan yang terjadi, seperti tuntutan atau sengketa hasil Pilkada maka pihak Kejaksaan siap membantu,” lanjutnya.

Adapun poin MoU itu, tambah Faisal, antara lain tentang surat kuasa khusus terhadap permasalahan ataupun penanganan hukum dan memberikan bantuan hukum, konsultasi hukum dan lain sebagainya.

“Dengan adanya kerja sama dengan Kejari Bolmut, bisa membantu penanganan permasalahan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) ketika Pilkada 2018 dilangsungkan,” pungkasnya.

Menurutnya, kesepakatan ini penting bagi KPUD, agar tahapan pemilihan bisa berjalan secara demokratis, jujur, dan berintegritas dalam rangka menghadirkan pemimpin ideal di masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari)  Bolmut, Andi Suharlis, SH, MH mengatakan, dengan adanya MoU ini pihaknya bisa meringankan kerja KPUD.

“Kita akan bekerja sesuai dengan SOP kinerja Kejaksaan. Harapannya, KPUD dan Kejaksaan bisa bekerja dengan baik dalam mensukseskan Pilkada 2018,” tandasnya. [dan]

KPUD Dan Kejari Bolmut Teken MoU

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...