Koramil 1303-03 Kaidipang Gelar Nobar Film G30S/PKI
Koramil 1303-03 Kaidipang Gelar Nobar Film G30S/PKI

Koramil 1303-03 Kaidipang Gelar Nobar Film G30S/PKI

Infobmr.com, BOROKO – Komando Rayon Militer (Koramil) 1303-03 Kaidipang, Sabtu (23/09) malam, menggelar Nonton Bareng (Nobar) pemutaran film G30S/PKI bersama ratusan masyarakat di Ibukota Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut).  Hal itu dilaksanakan sesuai perintah Panglima TNI Republik Indonesia Jendral INF. Gatot Nurmantio, dimana keseluruh jajaran pimpinan TNI yang ada di seluruh pelosok Indonesia, untuk mengingatkan kembali sejarah penghianatan 30 September tahun 1965 oleh PKI.

Pantaun media ini, kegiatan nonton barenng tersebut nampak mendapat antusias dari masyarakat setempat, sebab, selain halaman kantor Koramil dipadati penonton, areal depan, samping kantor, dan pinggiran jalur trnas Sulawesi juga dipadati ratusan warga. Terpantau jugam sebagaian besar penonton yakni para pemuda dan remaja yang masih duduk di bangku SMP didampingi oleh orang tua mereka. Selain itu, Danramil juga memberi penjelasan singkat kepada warga untuk merefleksi kembali perjuangan para pahlawan melawan penghianatan yang dilakukan oleh PKI.

Danramil Koramil 1303-03 Kaidipang Kapten INF. Supardi mengatakan, pemutaran film ini dilakukan secara bergilir setiap hari di setiap kecamatan. “Jadi untuk malam ini pemutaran film di gelar di Kecematan kaidipang  atau tepatnya di Ibu kota Bolmut dan di Kecamtan Bolangitang Timur,” kata Supardi.

Dia menjelaskan, pemutaran film G30S/PKI secara bergilir ini akan terus dilaksanakan sampai dengan tanggal 30 september 2017 bulan ini. dan atas permintaan masyarakat, kata Supardi, pihaknya akan melakukan pemutaran dalam dua versi, yakni versi yang sudah disensor atau adegan sadisnya sudah dipotong dan versi lengkapnya.

“Karena ini sifatnya sebagai pendidikan maka kami akan memenuhi permintaan masyarakat untuk pemutaran versi lengkapnya. Ada warga yang meminta kopian film untuk tontonan anak remajanya juga kami berikan,” jelas Supardi.

Dia menambahkan, bahwa perintah pemutaran film ini G30S/PKI ini, untuk mengingatkan kembali sejarah pemberontakan PKI serta untuk menjadi suport terhadap anak bangsa khususnya di Bolmut yang perduli akan keutuhan NKRI. [dan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Salah Kirim

Infobmr.com, TEKNOLOGI – WhatsApp akhirnya merilis fitur yang sudah dinantikan banyak penggunananya. Fitur ini memungkinkan ...