Ketua Komisi I, Aktrida Indah Datunsolang

Komisi I Sesalkan Kematian Ibu Melahirkan

(Info BMR) BOROKO – Minimnya Peralatan Medis dan tidak tersedianya tenaga medis Ahli adalah salah satu indikator penyebab terjadinya kematian ibu melahirkan yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Tragedi yang menimpa Ny Sri saat melahirkan di Puskesmas Boroko beberapa waktu lalu.

Kejadian tersebut mendapatkan perhatian serius dari Ketua Komisi I Dewan Kabupaten (baca; Dekab) Bolmut Ny. Aktrida Indah Datunsolang, ST. Kepada media ini senin, 16 Maret 2015 sekira pukul 10.00 wita, Ibu Indah Sapaan akrabnya menyayangkan kejadian tersebut. Seharusnya kasus kematian ibu saat melahirkan tidak boleh terjadi. Hal ini menjadi perhatian kita bersama agar kasus demikaian tidak terulang lagi, sahutnya.

Senada dengan itu disampaikan oleh Ronal Bolota salah satu anggota DPRD Bolmut. Dikatakannya bahwa kematian ibu saat melahirkan tidak terjadi jika pihak Puskesmas memberikan pelayanan terbaik terhadap Korban. Politikus PKS itu meminta jika pihak puskesmas dapat memberikan pelayanan yang maksimal agar tidak menimbulkan kurangnya kepercayaan terhadap Puskesmas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Jusnan Mokoginta, MRS saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa Pihak Puskesmas telah berusaha semampu mereka untuk menyelamatkan Korban. Namun Pihaknya kesulitan, sebab pasien saat dilarikan ke Puskesmas sudah pada fase pembukaan lima, sehingga pihak Puskesmas tidak bisa lagi mengambil tindakan rujuk sebab jarak rumah sakit yang mencapai ratusan kilo meter menjadi pertimbangan pihak RS untuk melakukan Rujuk.

Ditempat terpisah, Bidan Novi yang menangani pasien saat melahirkan mengatakan bahwa sebelumnya korban tidak pernah memeriksakan kandungan di Posyandu maupun di Puskesmas Boroko. Pihak Puskesmas sendiri tidak mengetahui Riwayat kandungan korban. Pasien pertama kali kontak dengan pihak puskesmas nanti pada saat akan melahirkan, sehingga kami tidak mengetahui riwayat kehamilan pasien meninggal, elak Bidan Novi. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...