Kemenag Bolmut Putuskan Zakat Fitrah

(Info BMR) BOROKO—Menyusul penetapan Baznas Bolmong Utara tentang besaran zakat dan infak. Kali ini, Kementerian Agama Bolmong Utara secara teknis memutuskan ketetapan Baznas tersebut dengan surat keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor : Kd.23.12/3/BA.01.1/1785/2015, Tanggal 30 Juni 2015 Tentang Penetapan besaran zakat fitrah.

Keputusan tersebut memuat beberapa poin penting diantaranya : bahwa Zakat Fitrah tetap merujuk pada keputusan  syar’i yaitu 2,5 Kg beras per jiwa. Bagi wajib zakat (Muzakki) yang hendak membayar zakat dalam bentuk uang wajib baginya menyesuaikan harga makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari tanpa ada klasifikasi melainkan diratakan menjadi  Harga beras Rp 8000,- per kilo.

Sementara itu, untuk Infaq setiap kepala keluarga dikenai sebesar Rp. 6000, adapun Zakat Mal adalah 2,5 dikali penghasilan bruto setahun bila sudah memenuhi nisab (harga 92 gram emas) dan bila belum mencapai nisab tersebut, maka wajib baginya bersedekah.

Secara teknis, pengumpulan zakat hanya dapat dilakukan oleh UPZ yang diangkat oleh BAZNAS Kabupaten lewat surat keputusan. Dan Untuk UPZ pada Instansi belum diberi kewenangan  mengumpul zakat fitrah, kecuali zakat profesi di lingkungannya.(tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...