Kejari Boroko Gencarkan Sosialisasi Tentang Hukum

Kejari Bolmut WARNING Penggunaan Dandes

Gencarkan Sosialisasi Tentang Hukum

Infobmr.com, BOROKO – Untuk menekan penyalahgunaan Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kejaksaan Negeri (Kejari) Bolmut, gencar melakukan sosialisasi tentang hukum.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Kejaksaan atas program nawacita Presiden Joko Widodo, sekaligus bentuk pelaksanaan atas tupoksi Korps Adhyaksa tehadap penegakan hukum dalam konteks pencegahan.

Kejari Boroko Gencarkan Sosialisasi Tentang Hukum

Kejari Boroko Gencarkan Sosialisasi Tentang Hukum

Upaya meminimalisir adanya penyimpangan pengeloaan Dandes tersebut, dibuktikan Kejari Boroko dengan membentuk Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) yang siap mendampingi pemerintah desa dalam merealisasikan  anggaran yang bersumber dari APBN itu.

Dalam Acara Sosialisasi Hukum yang digelar di Balai Desa Kecamatan Sangkub, Senin (8/5/2017), dihadapan puluhan aparat Desa se-kecamatan Sangkub, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut, Andi Suharlis, SH, MH, menekankan bahwa, Dandes merupakan kepercayaan pemerintah Pusat terhadap pemerintah desa. Untuk itu Suharlis berpesan agar dana tersebut dikelola dengan benar dan terarah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi desa.

Dalam kesempatan tersebut, upaya penerangan sekaligus penjabaran Permendes Nomor 22 Tahun 2016 dan pemaparan Program TP4D pun dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengarahan dan pemahaman serta menumbuhkan semangat aparat desa dalam melaksanakan pengelolaan Dandes secara akutabel transparan dan inovatif serta mengedepankan taat aturan.

Selain itu, dijelaskan pula, dalam proses pelaksanaan dan pengelolaan Dandes dengan pola kemitraan, Kejaksaan berperan sebagai tempat konsultasi para sangadi agar tidak terjadi penyimpangan pengunaan anggaran dikemudian hari.

”Sosialisasi ini dalam rangka memberikan penguatan terhadap penggunaan dana desa, dengan harapan kedepan dana tersebut dapat memicu dan menggerakkan ekonomi di pedesaan,” ujar pria berbintang Aries itu. [dan]

Kejari Bolmut WARNING Penggunaan Dandes

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Samsung Luncurkan Galaxy Note10 Lite

Infobmr.com, TEKNO – Samsung dikabarkan akan meluncurkan seri Galaxy Note ...