Dr. Arter Datungsolang

Kata Ketua MPC-PP Bolmut Tentang Makna Hari kesaktian Pancasila saat Pandemi Covid-19

Infobmr.com, BOLMUT – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober menjadi saat yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila, menambah nasionalisme dan kecintaan kepada bangsa dan negara. Terutama disaat negara menghadapi tantangan seperti pandemi covid-19.

pada saat momentum hari Kesaktian Pancasila, Ketua Majelis Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Bolmut Dr Arter Datungsolang berharap penyebaran corona atau covid 19 akan segera berakhir.

Arter mengatakan, peringatan hari kesaktian pancasila kali ini berbeda karena dalam masa pandemi covid-19. Meskipun Begitu ia berharap semua element tidak melupakan sejarsah nasional hari kesaktian pancasila. “Pastinya kita harus selalu ingat dengan sejarah nasional kita,” kata arter saat dihubungi lewat telfon, Kamis (1/10/2020).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sangat diperlukan untuk menumbuhkan dan menguatkan nasionalisme, utamanya kecintaan pada ideologi negara Pancasila. Lambang negara tersebut merupakan anugerah terbesar Tuhan YME kepada bangsa Indonesia. Melalui Pancasila kita bisa mengatasi perbedaan dan menjadi negara besar.

Dalam menghadapi situasi sulit seperti ini, tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri. Semua harus bersatu, seluruh kementrian/lembaga juga pemerintah pusat dan daerah harus berkoordonasi. “Semakin kuat rasa persatuan, semakin tangguh kita menghadapi wabah ini,” ungkapnya

Terakhir, semua aktivitas penanganan covid-19 hendaknya didasarkan nilai keadilan sosial. pembagian tugas tanggung jawab dan wewenang harus dibagi secara adil dan merata. pembagian bantuan sosial kepada masyarakat harus dilaksanakan dengan menggunakan prinsip keadilan.

“Saya kira, itulah hikmah peringatan hari kesaktian Pancasila yang bisa kita aktualisasikan. Pancasila harus dijadikan spririt dan inspirasi dalam menghadapi setiap tantangan yang ada. Dalam catatan sejarah nasional, sudah banyak tantangan yang kita hadapi. semua bisa dihadapi jika kita semua merujuk secara konsisten kepada Pancasila,” tutupnya. (Tr.05)

Editor: Kristianto Galuwo

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...