Kecamatan Bintauna Segera Miliki Kantor Baru
Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko, SH

Karel Bangko : Bumikan Empat Pilar Kebangsaan Dimomentum HUT RI 71

Infobmr.com, BOROKO – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Karel Bangko SH berharap peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 71 ini merupakan momentum yang tepat dalam membangkitkan nilai nilai kebangsaan yang saat ini semakin memudar.

Menurut Karel semakin memudarnya rasa nasionalime ditengah masyarakat, akibat kurangnya pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD negara Republik Indonesia tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Rasa nasionalisme dirasakan semakin memudar kata Karel, dapat dilihat dari kebiasaan masyarakat lebih menonjolkan kepentingan pribadi atau golongan, sikap fanatisme yang berlebihan, maraknya unjuk rasa disertai tindakan merusak, tidak menghormati simbol-simbol negara dan melecehkan pimpinan negara. Selain itu juga terjadi penurunan etika dalam kehidupan berbangsa.

“Sekarang nilai-nilai kebangsaan terus terkikis. untuk itu, Pemkab Bolmut sebagai perpanjanagan tangan pemerintah pusat harus memanfaatkan mementum peringatan HUT-RI dalam membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan kebinekaan,”ujarnya.

Dia pun mengatakan, bahwa lunturnya nilai-nilai kebangsaan dan memudarnya rasa nasionalisme ini tercermin dengan semakin kurangnya kepedulian terhadap sesama termasuk pelestarian dan penghargaan terhadap hasil serta karya bangsa sendiri.

“Perlu ada dorongan yang kuat dari pemerintah untuk menguatkan kembali rasa nasionalisme, sehingga bangsa Indonesia semakin berjaya dengan semakin berkembangnya pembangunan berbasiskan kearifan lokal,”katanya.

Politisi partai Golkar ini pun berharap, kedepannya, Pemkab Bolmut dapat benar – benar  memanfaatkan peringatan HUT RI ini untuk mengembalikan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air.(Tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...