Kabid Peternakan Bolmut (Zulkan Phontu)

Kabid Peternakan : 2017, Sapi Betina Wajib Bunting

Infobmr.com, BOROKO – Dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi Bunting, berbagai upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanakbunhut) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Salah satu langkah yang diambil adalah dengan mendata seluruh ternak sapi betina produktif yang ada di kabupaten setempat. Menurut Kepala Bidang Peternakan Dispertanakbunhut Bolmut Zulkan Pohontu, S.Pt, hal ini dilakukan untuk mengetahui jumlah populasi sapi betina produktif wajib bunting.

“tahun 2017 kami akan terapkan Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting.red).  ini merupakan upaya khusus untuk mengakselerasi percepatan pemenuhan populasi sapi potong di Bolaang Mongondow Utara,” ujar Zulkam.

Diapun mengatakan, Upsus Siwab merupakan program nasonal dalam rangka menuju swasembada sapi berkelanjutan.

“Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada sapi yang ditargetkan Presiden Joko Widodo tercapai pada 2026  mendatang, serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak,” jelasnya.

Selanjutnya Zulkan mengungkapkan, untuk meningkatkan populasi ternak sapi melalui Upsus Siwab, pihaknya akan menerapkan system perkawinan alami dan Insiminasi Buatan (Kawin Suntik.red). (dan)

Kabid Peternakan : 2017 Sapi Betina Wajib Bunting

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...