Jusnan Himbau Kapus Berhati-hati Kelola BOK & Jampersal

Infobmr.com, BOROKO – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dr. Jusnan Mokoginta MARS, mewarning seluruh Kepala Puskesmas agar berhati-hati dan teliti menggunakan dana Batuan Operasional Kesehatan (BOK) sebesar Rp 5,5 Miliar dan Jaminan Persalinan (Jampersal) Rp 1,1 Miliar.

Menurut dia, dana BOK dari pemerintah pusat itu disalurkan ke daerah dalam rangka pencapaian program kesehatan prioritas nasional, khusunya kegiatan promotif dan preventif di masyarakat.

“Dana BOK ini memang diarahkan untuk mendekatkan petugas kesehatan kepada masyarakat dan memberdayakannya melalui mobilisasi kader untuk berperan aktif dalam membangun kesehatan,” kata Jusnan.

Dalam pelaksanaan tugasnya, jelas Jusnan, petugas kesehatan harus mengikuti sesuai petunjuk pelaksanaan teknis yang ada pada Peremenkes Nomor 71 Tahun 2016. “Kami ingatkan petugas harus mengerjakan atau menggunakan dana BOK sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak salah mengikuti dengan tugas pokok dan fungsi, serta juklak dan petunjuk teknis,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan adanya program BOK ini maka petugas kesehatan dituntut melakukan jemput bola melalui pengaktifan kembali pos pelayan terpadu (Posyandu) dan mendatangi ibu hamil dan melahirkan, serta semua hal yang menyangkut masalah kesehatan.

“Sudah bukan saatnya lagi petugas kesehatan hanya duduk-duduk saja di puskesmas, sekarang harus mendatangi masyakarat yang mengalami kesulitan, dan membantu mereka memperoleh pelayanan kesahatan. Ini merupakan program pendekatan pelayanan masyarakat sesuai dengan visi kabupaten Juara,” terangnya. [dan]

Junan Himbau Kapus Berhati-hati Kelola BOK & Jampersal

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...