Photo : Budi Sulistiani Akhmad (budi1975.blogspot.co.id)

Jumlah Penyuluh Pertanian di Bolmut Masih Minim

Infobmr.com, BOROKO  –  Pertanian adalah salah satu sektor yang diunggulkan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Sayangnya sektor unggulan ini tidak diikuti dengan ketersediaan jumlah Penyuluh di Daerah itu.

Sebagai ujung tombak Pemerintah Daerah dalam melakukan pendampingan terhadap petani, peran penyuluh diharapkan mempu mendorong pengetahuan petani khususnya pada penerapan teknologi pertanian dalam rangka menopang ketersediaan pangan nasional.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Zakaria Babay yang ditemui reporter media Infobmr.com diruang kerjanya, Jum’at (20/01/2017) mengatakan bahwa jumlah penyuluh tidak selaras dengan jumlah Desa yang ada di Bolmut.

“Saat ini jumlah Penyuluh hanya ada 67 orang yang terdiri dari Penyuluh PNS 50 orang, PTT Daerah 14 orang dan PTT Pusat 3 orang. Sedangkan jumlah Desa yang ada di Bolmut yakni 106 Desa dan ditambah 1 Kelurahan, karenanya jika mengacu pada aturan Nasional maka seharusnya jumlah Penyuluh Bolmut itu ada 107 orang juga. Karena idealnya 1 orang Penyuluh hanya mendampingi 1 Desa saja.” Terangnya

Dia pun melanjutkan bahwa dalam kondisi minimnya jumlah Penyuluh itu, maka pihaknya mewajibkan 1 orang Penyuluh untuk merangkap lebih dari 1 Desa.

“Untuk mengefektifkan kekurangan itu maka satu penyuluh akan mendampingi beberapa Desa.” Ungkapnya

Dirinya pun menambahkan jika pihaknya sangat ingin menambah jumlah Penyuluh, namun terbatas pada anggaran.

“Sebenarnya saya mau merekrut penyuluh baru agar pendampingan yang ada di Desa bisa dilakukan secara maksimal, namun hal tersebut lagi-lagi terbentur pada persoalan keterbatasan anggaran. Karenanya kemungkinan besar tahun 2017 ini Bolmut masih bertahan dengan 67 orang Penyuluh.” Ujar Babay. (Chan)

Baca Juga

Gaji Guru Periode Januari 2017, Diperterimakan Secara Serentak

Bolmut Siap Laksanakan UN Berbasis Komputer

108 Juta Siap Digelontorkan Untuk 18 UKM di Bolmut

Buntut Pembebasan Lahan Sengketa, Kinarja Kejari Boroko Ditantang

Realisasi Program 2017 Dimantangkan, Asripan Pimpin Rapat SKPD

Tahun ini DPRD Bolmut Agendakan 18 Ranperda

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...