Kecamatan Bintauna Segera Miliki Kantor Baru
Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko, SH

Jumlah Pengangguran Stagnan, Karel Bangko : Harus Diseriusi

Infobmr.com, BOROKO – Jumlah pengangguran di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrsi (Disnakertrans) bisa dibilang tinggi. Pasalnya, dari data tahun 2016, jumlah pengangguras masih berada pada jumlah 1.874 jiwa, ini terbilang stagnan atau tidak bergerak jika ditinjau pada lembaran baru di tahun 2017 ini.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko SH mengatakan, jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat harus bersikeras mengikis habis penganguran serta kemiskinan di tanah Bolmut ini. “Persoalan ini harus diseriusi, Pemkab harus berinovasi memberikan pelatihan kerja agar benar benar melahirkan pekerja handal yang dibutuhkan,” ujarnya.

Dia berharap, agar berbagai program pemerintah yang penganggaranya telah disetujui oleh DPRD dalam pembahasan APBD, dapat dipergunakan maksimal untuk menekan pengangguran. “Intinya pemerintah harus terus berupaya, mengikis habis jumlah pengangguran didaerah ini,” tukasnya.

Sementara itu, Kadis Disnakertrans Drs. Abdul Karim Lalisu mengatakan, jika saat ini Pemkab Bolmut melalui sejumlah Instansi lagi gencar-gencarnya mengucurkan bantuan untuk mengikis jumlah pengangguran yang ada, karenanya masyarakat pun harus memaksimalkan dengan baik setiap program yang digencarkan oleh Pemerintah.

“Kalau kita bandingkan dengan Daerah lain, jumlah pengangguran di Bolmut masih tergolong minim. Daerah ini sebenarnya kaya akan sumber daya alam, yang ditanya tinggal kreatifitas dari manusia yang ada didalamnya. Apalagi saat ini Pemkab tidak henti-hentinya menseriusi persoalan kemiskinan dengan cara mengucurkan sejumlah bantuan di segala sektor, baik di sektor Pertanian, Perikanan, Budi Daya Masyarakat, Usaha Kecil Menengah, maupun sektor lainnya yang dianggap bisa memperkuat perekonomian masyarakat,” terangnya.(dan)

Baca Juga

Pelantikan Pengurus PMI Bolmut Periode 2017-2021

Karel Apresiasi Pembangunan Taman Pengajian di Nunuka

Bolmut Kabupaten Pertama di Sulut ‘Cairkan’ Gaji ASN

Jarang Diangkut, Sampah Hiasi Badan Jalan Ibu Kota Boroko

Bolmut Tetapkan Program Pengendalian Penduduk

Pro Kontra Pengisian Jabatan Pejabat Eselon III

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...