Gambar Ilustrasi

Jumlah Penduduk Miskin di Bolmut Tembus 25.545 Jiwa

Infobmr.com, BOROKO – Jumlah orang miskin di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) masi dibilang cukup lumayan besar, tercatat ada sekitar ± 25.545 jiwa yang masih berada dibawah garis kemiskinan dari total jumlah pendukuk sebesar ± 89.991 jiwa.

Kepala Dinas Sosial Dra. Moilon Pontoh yang ditemui reporter media ini diruang kerjanya Jum’at (11/03/16) menyatakan bahwa Jumlah penduduk miskin di Bolmut terbilang cukup besar. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Sosial No 170 Tahun 2015 tentang penetapan penerima bantuan iuran jaminan kesehatan tahun 2016.

“Data dipakai saat ini adalah hasil keputusan Menteri Sosial, yang jumlahnya mencapai 27 % dari total penduduk Bolmut. Namun keputusan tersebut sempat berubah pada Hasil Rapat Kerja Nasional di Makassar yang menetapkan jumlah masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan berada diangka 23.993 jiwa saja” Terangnya.

Pun demikian Pontoh mengatakan bahwa jumlah penduduk bolmut tidak menetap, angkanya akan terus bergerak disebabkan beberapa factor diantaranya perpindahan penduduk, angka kematian dan kelahiran.

“Tiap tahunnya jumlah orang miskin di Bolmut terus berubah, kadang naik dan kadang turun. Hal ini seiring dengan berjalannya waktu serta dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dan saat ini Kami sedang melakukan pemutahiran data angka kemiskinan di Bolmut” Ujar Pontoh

Menaggapi hal tersebut, salah satu Aktifis HMI Bolmut Chandriawan Datuela angkat bicara. Dirinya sangat prihatin dengan kondisi perekonomian Bolmut saat ini.

“Kenyataan yang terjadi dilapangan tidak selaras dengan Visi Juara (Jujur, adil dan sejahtera. red) yang tengah digembar gemborkan Pemerintah Daerah. Angka 25.545 jiwa sangat fantastis sehingga harus secepatnya mendapatkan perhatian dari Pemda setempat jika ingin tujuannya tercapai. Langkah yang paling efektif dalam memberantas kemiskinan adalah menyiapkan Lapangan kerja baru serta mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang ada ” Ujar pria yang terbilang kritis itu. (Tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...