Jelang Pilgub Sulut, PNS Bolmut Diminta Netral

Arman : Harus Taat Aturan !

(Info BMR) BOROKO – Jelang Pesta Demokrasi Pemilukada serentak yang akan dilaksanakan bulan desembar mendatang, pemerintah Pusat mengeluarkan tanda “Awas” Bagi pegawai Negeri sipil melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri (mendagri) RI No. 270/4211/SJ tertanggal 4 Agustus 2015.

Hal tersebut ditegaskan kembali oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara Drs. Reky Posumah, M.Si.  Berdasarkan edaran tersebut, Mendagri menekankan netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan larangan penggunaan fasilitas pemerintah daerah dalam masa kampanye pemilihan kepala daerah.

“Pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan Parpol, dan jika ada PNS yang secara terang-terangan memberikan pernyataan yang menggiring orang lain kepada salah satu pasangan calon  akan dikenakan sanksi hukuman disiplin,” ujar Posumah.

Ditambahkannya, dukungan yang dimaksud meliputi pertemuan umum, ajakan, himbauan, seruan, atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkup unit kerjanya, anggota keluarga dan masyarakat.

“Sanksi berat akan diberikan jika PNS itu membuat keputusan atau memberikan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon dan memberikan dukungan kepada calon, dengan cara menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dan kegiatan kampanye atau membuat keputusan dan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye,” terangnya

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Bolmut Arman Lumoto, mengapresiasi pernyataan dari Sekretaris daerah. Dikatakanya, kiranya edaran Mendagri dapat ditaati oleh para PNS di lingkup pemerintah Bolmut.

“Apa yang di sampaikan oleh Sekda Bolmut harus di taati oleh pegawai ASN yang ada di Bolmut, sehingga bentuk demokrasi pada pemilihan Gubernur bisa terlaksana sesuai dengan aturan yang berlaku dan menciptakan demokrasi yang bersih,” singkat Almnus UMI Makassar itu.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...