Gambar Ilustrasi

Jatah Bolmut Magang Ke Jepang Sepi Pelamar

Infobmr.com, BOROKO – Serangkaian program pemerintah daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam menyediakan lapangan kerja bagi anak muda usia kerja, nampaknya tidak direspon dengan baik.

Sebut saja, tahun 2019 ini Bolmut mendapat jatah 50 orang dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terkait magang di Jepang. Program ini merupakan kerjasama antara Pemerintahan Jepang dan Sulut.

Namun, sejak dibuka pada bulan Juli 2019 lalu dan akan ditutup pada 30 September 2019, tercatat baru ada 3 berkas yang masuk ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bolmut.

Kepala Disnakertrans Bolmut, Moh. Sadarudin Pontoh, SH.,melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja, Abdul Salam Lauma, S. Sos, saat ditemui awak media ini diruang kerjanya, Senin (23/09/2019) mengatakan jika, saat ini baru ada tiga pendaftar yang masuk dari 50 kuota yang ditetapkan.

“Sampai saat ini baru ada 3 berkas yang masuk. Padahal, ini kesempatan besar bagi anak muda Bolmut untuk berkarir di luar negeri. Jangan sampai kesempatan ini terbuang percuma, karena jatah untuk Bolmut tidak datang tiap tahun”, terangnya

Lanjut Lauma, pihaknya sudah berusaha menjaring pemuda Bolmut untuk ikut program ini. Namun, jika tiga orang saja yang bersedia, maka itu saja yang akan dikawal sampai lulus seleksi di Provinsi nanti.

“Sudah ratusan selebaran yang kami bagikan, tapi mungkin para pendaftar terganjal tingginya standar persyaratan yang ditetapkan. Kami pun terus membuka pendaftar hingga 31 September nanti”, ungkap Lauma

Adapun persyaratan yang dibutuhkan yakni khusus untuk pria; Usia minimal 19 tahun 6 bulan, dan maksimal 26 tahun saat tes seleksi. Tidak buta warna (total/parsial) dan tidak berkaca mata/kontak lensa, tidak bertato atau bekas tato, tidak bertindik atau bekas tindik, tidak bergigi lubang lebih dari 4, tidak berani/penyakit kulit lainnnya, tidak berkaki X atau O, tidak ada bekas keloid (kulit tambahan dibekas luka), tidak pernah mengalami operasi patah tulang, minimal ijasah SMA/SMK. [dan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Samsung Luncurkan Galaxy Note10 Lite

Infobmr.com, TEKNO – Samsung dikabarkan akan meluncurkan seri Galaxy Note ...