Suasana rapat dengar pendapat bersama Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) bertempat di Aula Kantor DPRD Bolmut

Ini Hasil Hearing Terkait Dugaan KDRT Wabub Bolmut

(Info BMR) BOROKO – Wakil Bupati Bolmong Utara Suriansyah Korompot alias SK akhir-akhir ini menjadi pembicaraan public dan menjadi isu utama dibeberapa media masa terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga. Tidakan brutal tersbut direspon tegas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut karena dinilai merupakan sebuah perbuatan yang buruk oleh seorang pejabat public.

Menindak lajuti hal tersebut, Jumat (4/9/2015) DPRD Bolmut menggelar rapat dengar pendapat (Hearing) bersama Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) bertempat di Aula Kantor DPRD setempat.

Pantauan reporter media ini, tampak sejumlah tokoh adat Kaidipang Besar dan Bintauna hadir dalam rapat yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Bolmut Karel Bangko, SH.

Dalam rapat tersebut, selain dugaan KDRT terungkap bahwa adanya skandal nikah siri yang dilakukan oleh SK, disinyalir pemicu cekcok hingga bermuarah pada dugaan KDRT yang dilaporkan ke polsek urban kaidipang 20 agustus 2015 lalu.

AMAN berpendapat bahwa tindakan yang dilakukan oleh SK telah melanggar adat istiadat setempat, namun mengingat lembaga adat di Bolmut belum memiliki aturan yang mengikat soal sanksi bagi pelanggar adat, maka AMAN berkesimpulan membuat surat rekomendasi ke-DPRD untuk kemudian ditindak lanjuti.

Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko, SH kepada media ini mengatakan bahwa, langka ini diambil mengingat isu yang berkembang dimasyarakat hari ini sudah sangat meresahkan warga, sehingga dengan digelarnya hearing tersebut dapat dijadikan acuan bagi DPRD untuk mengambil sikap.

“langkah ini jangan disalah tafsirkan, kami tidak memiliki niat terselubung dibalik persoalan ini. DPRD menindak lanjuti hal ini dengan melaksanakan hearing bersama tokoh-tokoh adat sebolmut, untuk melihat persoalan ini dari prespektif (sudut pandang,red) adat istiadat yang berlaku, sehingga sebagai lembaga representatif masyarakat, DPRD dapat menentukan sikap” ujar papa ikra sapaan akrabnya. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...