Kepala kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Hi. Suleman Ambah S, Ag

Ini Alasan Kemenag Bolmut Mutasikan Estifeny

Infobmr.com, BOROKO  –   Kebijakan Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terkait mutasi Kepala MTs Al Khairaat Bintauna, atas nama Estifeny Datunsolang menjadi guru bantu di MTs N 1 Bolmut menuai polemik dikanlangan masyarakat hingga media sosial. Banyak yang mencoba mengaitkan keputusan tersebut dengan musim politik di daerah saat ini.

Keputusan tersebut disinyalir bertabrakan dengan Surat Edaran Kementerian Wilayah Provinsi Sulawesi Utara(Sulut).

Surat edaran yang ditandatangani langsung oleh oleh Abdul Rasyid  selaku Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara itu, memuat penegasan agar tidak ada mutasi Kepala Sekolah maupun Guru bantu menjelang pelaksanaan Ujian Nasinonal Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun 2018.

Saat ditemui di ruang kerjanya Jum’at 02/03/2018), Kepala Kementerian Agama Bolmut, Hi. Suleman Ambah, S. Ag., menjelaskan bahwa, mutasi yang dilakukannya berdasarkan hasil musyawarah Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), yang selanjutnya hasil musyawarah tersebut di koordinasikan dengan Kakanwil Sulut.

“Dasar hukum musyawarah Baperjakat ini terdapat pada UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, PP No 100 Tahun 2000  tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan struktural, sebagimana telah diubah dengan PP No 13 tahun 2002 dan PMA No 58 Tahun 2017 Tentang Kepala Madrasah.” Terangnya kemarin.

Adapun hasil musyawarah tersebut lanjut Sulaiman, langsung di bicarakan dengan pihak Kakanwil Sulut, untuk dimintai persetujuan. Setelah itu, pihak Kakanwil pun langsung menyetujui usulan tersebut, tanpa harus menunggu proses UNBK dan UAMBN selesai.

Beberapa alas an mutasi terhadap Estifeny, kata Sulaiman, bahwa yang bersangkutan telah menduduki jabatan Kepala Sekolah melebihi batas 4 tahun sesuai dengan pedoman PMA Nomor 58 Tahun 2017. Alasan selanjutnya lanjut Sulaiman, dia (Estifeny.red) dan beberapa ASN lainnya adalah kader ASN yang siap dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi atau jabatan pengawas.

“Sebenarnya ini adalah rahasia negara, namun karena sudah terbuka di media sosial, maka saya pun harus menjelaskan,” kata Sulaiman

Orang nomor satu di Kemenag Bolmut ini menjelaskan, Mutasi yang dilakukan terhadap Estifeny adalah persiapan untuk menjadikannya sebagai Kepala Sekolah di MTs N 1 Bolmut.

“Kami pindahkan dulu menjadi guru pembantu di MTs Negeri itu, karena sebelumnya hanya menjadi Kepala Sekolah di MTs Swasta. Nanti setelah beradaptasi di lingkungan barunya, maka akan dilakukan promosi menjadi Kepala Sekolah MTs Negeri tersebut. Karena proses dari sekolah swasta ke negeri itu harus melalui adaptasi terlebih daulu. Dan ini sudah dibicarakan dalam musyawarah Baperjakat, hanya saja hasil musyawarah ini tidak dibuka di ruang publik, makanya dianggap keputusan yang tidak bijaksana”, ungkapnya

Sulaiman pun menambahkan, kebijakan ini tidak ada hubungannya dengan situasi politik yang ada di daerah ini.

“Niat kami baik, yakni mempersiapkan para kader ASN untuk refresh jabatan di semua lini, dan sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan situasi politik di daerah ini. Dan kebijakan ini pun diputuskan melalui mekanisme rapat internal Baperjakat dan selanjutnya di koordinasikan dengan Kementerian Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, jadi sama sekali tidak menabrak aturan yang ada,” tutup Ambah.[chan]

Ini Alasan Kemenag Bolmut Mutasikan Estifeny

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal China bernama “Ryze Tech” menjual ...