IMB Bolmong Utara Belum Optimal

Setoran IMB Masih Nol

(Info BMR) BOROKO—Pendapatan asli daerah (PAD) bersumber dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara belum optimal. Selang tahun 2014, belum ada setoran Rp 1 ke KP2T sebagai SKPD penerima dana IMB. Tak optimalnya Perda IMB tentunya mendatangkan tanda tanya besar. Pasalnya, potensi begitu besar hanya saja tidak digarap sedemikian rupa.

Pantauan media, pembangunan di Bolmong Utara baik rumah permanen dan non permanen begitu pesat. Pemilik bangunan pun bervariasi. Dari rakyat biasa sampai pejabat. Ironisnya, di bangunan rumah mereka tak ada papan nama IMB. Yang menandakan sang pemilik rumah telah mengurus IMB. Dengan sendirinya, ada pemasukan buat PAD.

Mencengangkan sekaligus menggemaskan. Perilaku tak urus IMB itu ditauladani oleh oknum Pejabat yang mestinya menjadi contoh bagi masyarakat. Itu diakui oleh Wakil Bupati Bolmong Utara Suriansyah Korompot SH. Pejabat vokal ini, diupacara HUT Korpri dengan lugas menyentil tentang ‘Nol” PAD dari IMB. “Banyak bangunan rumah dibangun oleh pejabat dan tidak mengantongi IMB. Salah satunya saya yang tak mengurus IMB,”tutur Suriansyah.
Menanggapi ‘kejujuran’ Suriansyah itu, sejumlah pemerhati pembangunan angkat suara.

Menurut Har Korompot warga Kuala Utara, sudah saatnya Pemkab Bolmong Utara menyeriusi tentang Perda IMB. Apalagi tahun 2015 sudah didepan mata. “Ada tindakan progress yang dilakukan Pemkab Bolmong Utara. Jangan Cuma diam saja. Instansi terkait bekerja sama dengan jajaran Kecamatan hingga Desa harus turun memantau pembangunan bangunan,”tukas Har. Dia juga menyentil, standar harga IMB pun jangan sampai dibesar-besarkan. “Jangan mengejar yang besar tapi tidak setoran. Usahakan standar harga bisa dicapai oleh masyarakat, tidak mengada-ada,”tambahnya.(tr-02)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...