Gambar Ilustrasi

Hutan Bolmut Kritis, ini Pernyataan Kabid Kehutanan

Infobmr.com, BOROKO – Kawasan Hutan yang berfungsi sebagai penyangga ekosistem alam seharusnya dapat dijaga dengan baik oleh warga sekitar. Maraknya aksi penebangan pohon serta pembukaan lahan oleh warga menyebabkan berkurangnya jumlah kawasan hutan yang ada di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Kepala Bidang Kehutanan Bolmut Daniel Palilu menyatakan bahwa Kondisi Hutan yang ada di Bolmut sebelumnya masih tergolong baik, namun maraknya pembalakan liar serta pembukaan lahan diarea hutan lindung menyebabkan jumlah kawasan hutan menjadi tidak stabil.

“kami selalu mengadakan reboisasi (Penanaman kembali,red) diareal yang hutan telah dirusak. Selin itu operasi kawasan gencar dilakukan untuk menekan aksi pembalakan dan perambahan hutan. Adapun bagi warga yang tertangkap tangan sedang melakukan pengrusakan hutan, segerah kami proses sesuai dengan Undang-Undang dan Ketentuan Hukum yang berlaku, ” Tegas Daniel

Senada dengan itu, Aktifis HMI Bolmut Nofrianto Muhibal meminta operasi kawasan hutan rutin dilakukan mengingat kondisi hutan bolmut sudah semaikn kritis akibat perambahan hutan yang tak kunjung habisnya. “saya tantang keseriusan pemkab bolmut dalam menjaga kelestarian hutan bolmut. jangan tebang pilih, hukum harus ditegakan. Selama ini penindakan haya pada perambah kelas kecoa, sementara perambah kelas kakap enak-enak berlindung dibalik ijin HPH” kritik pria berambut gonrong itu. (Tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...