Tanaman ini terserang hama

Hama Nothopeus sp Mewabah

Dinas Pertanian Bobo Panjang

(Info BMR) BOROKO – Petani Cengkeh di Kecamatan Kaidipang mengeluhkan pelayanan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut. red) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pasalnya keluhan yang mereka sampaikan sama sekali belum direspon dinas yang bersangkutan. Terkesan, Dinas Pertanian mengalami tidur alias bobo panjang. Hingga penanganan kasus tak pernah tuntas.
 
Hal tersebut disampaikan oleh salah satu petani Cengkeh di kecamatan Iaidipang Iksan Pontoh saat bertemu dengan reporter media ini di Kantor DPRD Bolmut siang tadi. Menurut Iksan keluhannya sudah disampaikan sejak tahun lalu. Namun sampai dengan saat ini belum ada tindak lanjut dari petugas Perkebunan.

“Saya sudah berulang-ulang mengeluhkan penyakit yang menyerang tanaman kami, namun sampai saat ini belum diindahkan, padahal keluhan tersebut sudah sejak tahun lalu,” keluh Iksan.

Menurut Iksan tanaman tersebut diduga mendapat Serangan yang ditandai adanya lubang-lubang pada batang tanaman. Akibatnya, daun muda berubah kekuningan, rontok dan akhirnya pucuk daun mati. Ada dugaan kalau tanaman cengkih tersebut mendapat serangan hama jenis Nothopeus sp.

“Sebelumnya hanya 5 pohon saja yang terserang penyakit, namun sekarang sudah mencapai 60% yang terserang dan sampai saat ini belum ada solusi yang diberikan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran penyakit tersebut,” sesalnya.

Ditempat terpisah staf Bagian pengendalian Hama dan Penyakit Dispertanakhutbun Bolmut, Vike H. Tololiu, SP mengatakan, kalau pihaknya telah mengambil sampel dari salah satu tanaman yang terserang hama dan sudah dikirimkan ke Provinsi untuk diadakan Uji laboratorim. Hanya saja, hasil uji LAB tersebut sampai saat ini belum mereka terima.

Salah satu solusi, kata  Vike, yang telah disampaikan ke petani beberapa waktu lalu, dengan memangkas ranting yang terserang untuk dibakar bersama belerang. Langkah itu diambil sebab belum diketahui atau diidentifikasi jenis penyakit yang menyerang. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...