Hadir di Musrembang Bolangitang Timur, Ini Pesan Bupati

Infobmr.com, BOROKO – Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daeraeh (RKPD) Tingkat Kecamatan Tahun 2019 untuk merumuskan Rencana Pembangunan Kecamatan Tahun 2020 yang bertempat di Kantor Camat Bolangitang Timur, (20/02/2019)

Dalam arahannya, Bupati Bolmut mengatakan Musrenbang Kecamatan ini pada intinya menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan RKPD Tahun 2020, yang sebelumnya telah merumuskan program dan kegiatan prioritas Kecamatan, yang penting untuk memberikan kepastian dan arah pembangunan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat berdasarkan kesepakatan bersama dan bukan keinginan segelintir orang.

Diketahui, saat ini Pemerintah Daerah sementara merampungkan penyusunan RPJMD Kabupaten Bolmut Tahun 2018-2023 yang merupakan acuan dalam merumuskan Rencana Pembangunan Daerah yang tertuang dalam Visi “Mewujudkan Bolaang Mongondow Utara yang Berkelanjutan, Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing”.

Terkait dengan itu, dikatakan harus dilakukan evaluasi terhadap pencapaian pembangunan pada periode yang lama, banyak aspek yang telah dicapai dan berbuah prestasi. Namun demikian masih banyak yang perlu dibenahi.

Laju Pertumbuhan Ekonomi di akhir periode sebesar 6,19 persen ditargetkan meningkat menjadi 6,24 persen di akhir periode, Angka Harapan Hidup sebelumnya 66,99 Tahun ditargetkan menjadi 67,41 Tahun, Rata-rata Lama Sekolah 11, 89 Tahun ditargetkan menjadi 12,04 Tahun, sementara Angka Kemiskinan sebesar 8,89 persen diturunkan menjadi 8,11 persen serta Tingkat Pengangguran Terbuka dari 4,71 persen diturunkan menjadi 4,24 persen.

Dalam aspek Pengelolaan Keuangan Daerah telah mengukir prestasi dengan memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian kurun waktu 2 Tahun terakhir, dan wajib dipertahankan sampai akhir masa periode. Untuk mencapai itu, tentunya Pemerintah Daerah perlu dukungan semua pihak, baik masyarakat, swasta serta pemangku kepentingan lainnya.

Pemerintah Daerah berkomitmen untuk terus meningkatakan capaian kinerja pembangunan dengan memberikan peranan yang lebih kepada masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan merupakan kebijakan Pemerintah untuk menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Dari sisi penggunaan Dana Desa untuk selalu berorientasi pada program/kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat dan dialokasikan untuk mendanai kegiatan yang bertujuan meningkatakan kapasitas masyarakat Desa dalam pengembangan wirausaha, peningkatan pendapatan serta perluasan skala ekonomi individu atau kelompok masyarakat dan Desa.

Dengan begitu program kegiatan yang sifatnya dapat didanai oleh Dana Desa tidak perlu lagi diusulkan dan didanai oleh APBD Kabupaten yang dapat menyebabkan overlapping kewenangan.

Selain itu, Bupati Bolmut mengingatkan peranan semua pihak untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Diharapkan semau jajaran Aparatur Pemerintah sampai pada tingkat terkecil, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dapat bersama-sama menghadirkan suasana politik yang sejuk serta memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 ini.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Anggota DPRD Bolmut, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah terkait, Camat Bolangitang Timur dan para Sangadi. [adv]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...