Kordinator Divisi Hukum KPU Sulut Meydi Tinangon Maat Menyajikan Materi

Gelar Bimtek Dana Kampanye, KPU Bolmut Tegaskan Soal Sanksi Parpol

Infobmr.com, BOROKO –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara , Selasa (12/12/2018) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Laporan Sumbangan Dana Kampanye (LSDK). acara tersebut di laksanakan disalah satu kedai kopi terkenal di kawasan Keakar Desa Boroko Kecamatan Kaidipang.

Dalam kegiatan tersebut, KPU mengundang 14 partai politik yang dinyatakan lolos adaministrasi sebagai peserta pemilu di Kabuapetn Bolmut.

Hadir sebagai narasumber Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi Sulawesi Utara Meidy Tinangon.

Dalam materinya, Meydi menjelaskan Bimtek tersebut dirasa sangat penting dilakukan sebab setiap partai politik harus mengetahui sumber dana,  pengeluaran dan pemasukan yang mereka gunakan. jika terdapat sumber dana kampanye  yang nantinya tidak dilaporkan, akan berdampak buruk bagi calon legislatif yang terpilih nantinya.

Pendapatan serta pengeluaran dana kampanye setiap Parpol kata Meydi, harus tertata rapi dalam pembukuan, agar semua dana yang terpakai dapat tercatat, sehingga gampang dalam melakukan pelaporan nantinya.

Tak hanya itu, setiap partai politik harus selalu melaporkan perolehan dana kampanye, asal usul dana yang diperoleh, hingga nomor wajib pajak pemberi dana harus jelas dan tidak diperbolehkan adanya donatur yang tidak menyertakan nama (tanpa nama).

“Adanya pelaporan dana kampanye 2019 harus jelas dan sesuai dengan pembukuan yang dilakukan oleh anggota partai politik. Jika tidak melaporkan, maka calon yang terpilih nantinya akan digagalkan,”  jelas Meydi.

Sementara itu, Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harundja melalui Divisi Hukum Ismail Mobiliu berharap, adanya Bimtek dana kampanye yang merupakan bentuk dari salah satu aturan yang ada, diharapkan setiap partai politik berperan aktif dalam memberikan laporan setiap dana yang masuk dan keluar. [dan]

Gelar Bimtek Dana Kampanye, KPU Bolmut Tegaskan Soal Sanksi Parpol

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...