Empat Perusahaan Sawit Mulai Garap Bolmut
Gambar Ilustrasi Perusahan Sawit/sumber photo agricoputra.com

Empat Perusahaan Sawit Mulai Garap Bolmut

Infobmr.com, BOROKO –  Upaya penolakan dari berbagai elemn masyarakat tentang wacana investasi perkebunan sawit di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Sejak 2014 silam tampaknya tidak membuahkan hasil. Pasalnya, saat ini tercatat ada empat perusahaan besar yang sudah mulai beroperasi.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Ir. Djakaria Babay S.Sos S.Mn  melalui Kepala Bidang Perkebunan Sumarni Hilipito yang ditemui reporter media ini diruang kerjanya ikut membenarkan pernyataan tersebut. Dikatakannya, bahwa saat ini bibit sawit telah ditanam dibeberapa lokasi, salah satunya di Desa Biontong Kecamatan Bolangitang Timur.

“Ada empat Perusahaan besar yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah diantaranya : PT Global Asia Plantation, Global Green Indah, Goldman Asia Plantation serta Anugerah Bolmut Perkasa. Keempat perusahaan tersebut sudah dalam pengurusan izin AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.red). Namun hasilnya tidak diberitahukan kepada kami (Bidang Perkebunan,red) serta belum ada konfirmasi perihal perkembangannya.” Ujarnya

Pun demikian, Sumarni  menjelaskan  jika investasi Sawit ini bisa menguntungkan dan bisa juga merugikan.

“Keuntungannya dari sisi ekonomi saja, sedangkan kerugiannya yang ditimbulkannya karena petani sangat bergantung pada Perusahaan atau Pabrik sehingga menyebabkan permainan harga yang merugikan petani sendiri, Tanaman sawit ini menyerap banyak air sehingga berpotensi kekeringan berkepanjangan serta merugikan tanaman disekitarnya, serta memicu rusakan kawasan flora dan fauna disekelilingnya”. Pungkasnya.

 (Tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...