Frangki Chendra, Anggota DPRD Bolmut

DPRD Minta Pemkab Kembangkan Budidaya Nilam

(Info BMR) BOROKO – Nilam merupakan salah satu tanaman paling dibutuhkan oleh industri Kosmetik dan minyak wangi yang saat ini  belum tergantikan, oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bolmong Utara, meminta Pemkab melalui Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanakbunhut) Bolmut untuk mengembangkan budidaya tanaman tersebut.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi II DPRD Bolmut Frangky Chendra. Dia menjelaskan, jika Kabupaten Bolmut merupakan salah satu daerah yang potensial untuk pengembangan tanaman Nilam, akan tetapi para petani kurang berminat dalam membudidayakan tanaman tersebut.

“Pemkab Bolmut dapat memberikan sosialisasi sekaligus pelatihan serta bantuan alat dan bibit kepada para petani untuk mengembangkan budi daya tanaman Nilam, hingga pada prospek pemasaranya. Dengan demikian para petani akan tertarik untuk membudidayakan tanaman tersebut,” kata dia.

Ia pun menilai, selain mudah dibudidayakan, tanaman tersebut juga memiliki nilai jual yang tinggi bahkan apabila dikembangkan secara intensif dapat memenuhi kebutuhan pasar nasional bahkan internasional. “Untuk pemasaran petani kita bakal tidak kesulitan sebab di Kecamatan Sangkub sudah ada tempat penyulingan,” ujarnya.

Politis PDIP itu menambahkan, selain tanaman perkebunan lainnya,  tanaman Nilam bisa menjadi komoditi unggulan Kabupaten Bolmut, sebab budidaya nilam tidak membutuhkan modal besar untuk pemudidayaannya, sehingga sangat cocok untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Bolmut.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...