Komisi II DPRD Bolmut Dorong Peningkatan Usaha Budi Daya Tambak

Infobmr.com, BOROKO – Budidaya tambak hingga sekarang terhitung sebagai suatu usaha yang dapat memberikan keuntungan yang luar biasa. Kecenderungan kearah ini memang beralasan karena terbukti beberapa daerah di indonesia berhasil mengoptimalkan potensi pertambakan.

Usaha budi daya tambak ini dinilai berpotensi cukup besar untuk dikembangkan khususnya di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Selama ini ikan hasil budi daya terus meningkat. Di sisi lain, pemanfaatan lahan untuk pengembangan budi daya ikan belum optimal. Banyak lahan yang belum digarap.

Sekretaris Komisi II DPRD Bolmut, Sofian Goma menyatakan, potensi usaha budi daya tambak di Bolmut luar biasa. hanya saja potensi ini belum dimaksimalkan.

“Banyak Areal Penggunaan Lain (APL) yang masih tidur,mestinya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya tambak udang, ikan bandeng dan kepiting. Penghasilannya lumayan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli daerah,” Katanya, senin (13/7/2010)

Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini meminta pemerintah daerah melalui intasni terkait menggenjot potensi pertambakan, sehingga APL yang masih tidur dapat tergarap dan dioptimalkan.

Sofian juga Mencontohkan kabupaten Pohuato yang berhasil meraup 3 mililar PAD dari usaha pertambakan.

“Usaha budi daya tambak bisa menjadi bisnis masa depan dengan penghasilan menjanjikan.Hal itu disebabkan usaha tersebut bersifat lebih terukur dibandingkan dengan usaha nelayan.Usaha nelayan mengandalkan tangkapan.Tantangan dan bahaya nelayan lebih berat”, Katanya. [Ramdan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...