Gambar Ilustrasi, Sumber pgrionline.com

Disinyalir, Pengelolaan Dana BOS Tidak Beres

Infobmr.com, BOROKO – Anggota DPRD Bolmut Drs. Mulyadi Pamili, SH, mensinyalir adanya ketidak beresan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). terindikasi penggunaannya tidak transparan.

Hal tersebut menyeruak seiring dengan informasi yang dia terimah, banyak sekolah yang tidak mengumumkan RKAS di papan informasi sekolah sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) pengelolaan dana BOS.

“Banyak laporan yang saya terimah, khususnya dari orang tua siswa. mereka tidak pernah menerimah laporan pengelolaan keuangan BOS dari pihak sekolah,” terang Politisi Partai NasDem itu, Selasa (4/4/2017)

Padahal dalam juknis penggunaan dana BOS kata Mulyadi, secara jelas dituangkan pihak sekolah wajib mengumumkan besar dana yang diterima dan dikelola oleh satuan pendidikan dan rencana penggunaan dana BOS (RKAS) di papan pengumuman sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan Ketua Komite Sekolah (Formulir BOS-03); selanjutnya mengumumkan penggunaan dana BOS di papan pengumuman (Formulir BOS-04, atau Formulir BOS-K3 dan BOS-07). Bahkan Bahkan ditindaklanjuti dengan kewajiban pelaporan kepada orangtua siswa.

“Hal itu wajib dilakukan pihak sekolah, agar pemanfaatan dana BOS benar-benar transparan. dikhawatirkan, Milaran anggaran yang bersumber dari APBN itu tidak tekelola dengan baik,” ujar Mulyadi.

Mantan Panitrea/Sekretaris pengadilan agama Proovinsi Gorontalo itu meminta pihak Kejaksaan Negeri Boroko meneliusuri indikasi penyimpangan pengelolaan keuangan BOS diseluruh sekolah baik SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Bolmut.

“Saya berharap, program Jaksa masuk sekolah tidak hanya sekedar memberikan pemahaman tentang hukum terhadap siswa. Namun dengan melihat tidak tarsparannya pengeloaan dana BOS, harus menjadi perhatian serius pihak kejaksaan guna menelusuri indikasi penyelewengan dana. ini merupakan tantangan tersendiri bagi korps baju coklat,” ujar Alag Dapil Bolangitang itu. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...