Dinkes Bolmut Peringatkan Bahaya Flu Singapura

Infobmr.com, Boroko  –  Bahaya Flu Singapura mengancam warga Bolmut, Dinas Kesehatan kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) peringatkan warga untuk jaga kebersihan lingkungan.

Penyakit ini (Flu Singapura.red) adalah penyakit yang pertama kali mewabah di Negara tetangga Singapura pada tahun 2000 silam. Penyakit ini dikenal dengan nama Hand, Foot and Mouth Disease disingkat HMFD (Penyakit tangan, kaki dan mulut.red).

Kepala Dinas Kesehatan dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS melalui Kepala Seksi Surveilens dan Imunisasi Sri Yudi Kohongia, SKM yang ditemui reporter media ini diruang kerjanya, Rabu (26/05/2016) menyatakan jika keberadaan virus tersebut sudah mulai muncul di Bolmut tanggal 16 mei lewat seorang anak di Kecamatan Sangkub yang berumur enam tahun.

“Anak ini baru pulang dari Kota Kotamobagu, Maka bisa dipastikan awal masuknya dari sana. Namun anak tersebut sudah bisa diatasi Puskesmas terdekat. Kami pun sudah dapat info bahwa di Kabupaten tetangga Bolsel (Bolaang Mongondow Selatan) pun sudah ada enam kasus.” Terangnya

Disamping itu dirinya melanjutkan jika Flu Singapura ini dapat diketahui dari ciri-ciri penderitanya yakni berupa suhu tubuh yang tinggi,demam, bercak-bercak dibagian mulut, kaki dan tangan, Sakit pada tenggorokan, lalu muntah-muntah, sampai Dehidrasi (kekurangan cairan, red).

“Virus ini menular melalui mulut, luka sampai permukaan benda yang sudah terkontaminasi oleh kotoran penderita. Flu ini bisa menyerang siapa saja, namun yang paling rentan adalah anak dibawah usia 10 tahun. Bila ada penderita dengan ciri-ciri tersebut maka langkah yang harus diambil yakni segera ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan khusus.” Ujarnya

Pun demikian, Kohongia menambahkan bahwa Virus ini bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan selalu memperhatikan kondisi daya tahan tubuh. (Chan)

Apa reaksi mu tentang Postingan ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Samsung Luncurkan Galaxy Note10 Lite

Infobmr.com, TEKNO – Samsung dikabarkan akan meluncurkan seri Galaxy Note ...