Diduga Palsu, Ijazah Sangadi Tuntung Timur Disoal

DPRD Hearing Yulianti Sabari

Suasana Rapat Dengar Pendapat (Hearing) Terkait Dugaan Pemalsuan Ijazah Sangadi Tuntung Timur

Suasana Rapat Dengar Pendapat (Hearing) Terkait Dugaan Pemalsuan Ijazah Sangadi Tuntung Timur

Infobmr.com, BOROKO – Tak dapat menunjukan Ijazah asli, Yulianti Sabari, oknum Sangadi (Kepala Desa.red) Tuntung Timur, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dihearing DPRD.

Pasalnya, berdasarkan laporan warga yang ditujukan ke Dewan Perwakilan Rakyat, Yulianti hanya mengantongi fotokopi ijazah SD dan tidak dibuktikan dengan ijazah asli.

Seperti dikatakan anggota Komisi I DPRD Bolmut, Muliyadi Pamili SH, kepada sejumlah wartawan, Senin (9/1/2017), maksud hearing tersebut terkait ijazah Sekolah Dasar (SD) kepala desa terpilih Tuntung Timur, yang diduga palsu karena tidak dapat menunjukan bukti keaslian ijazahnya.

“Iya, ketika hearing tadi terungkap bahwa, Yulianti Sabaru, sebagai Kepala desa terpilih tidak bisa menunjukan keaslian ijazahnya.  Menurut dia ijazahnya hilang dan yang ada hanya kopiannya saja,” ungkap Pamili.

Pamili mejelaskan, berdasarkan peraturan Bupati No.3 tahun 2015, sudah dijelaskan, apabila calon sangadi tidak dapat menunjukkan ijazah asli karena beralasan hilang atau rusak, maka harus diperkuat dengan surat keterangan pengganti ijazah yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten setempat.

Namun, kata politisi Nasdem itu, pada hearing yang baru saja dilaksanakan terungkap, yang bersangkutan hanya menunjukan surat keterangan hilang dari kepolisian tertanggal 7 Januari 2017. Artinya menurut Pamili, surat tersebut dikeluarkan nanti setelah tahapan pemilihan sangadi selasai digelar dan yang bersangkutan telah dilantik sebagai sangadi definitif.

Pamili mengungkapkan, bahwa hasil hearing belum dapat diambil kesimpulan, sebab DPRD masih akan melakukan uji faktual ke dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara untuk mencocokkan nomor register ijazah yang tertera di fotokopi ijzah yang dikantongi oleh sangadi Tuntung Timur dengan nomor regster yang ada di Bank data kementrian pendidikan.

Sementara itu, Sangadi Tuntung Timur, Yuliati Sabari yang dikonfirmasi usai pelaksanaan hearing membantah semua tuduhan tersebut.

“ijazah saya benar adanya, lulus tahun 1982 di SDN 1 Komus, Kepala sekolahnya masih ada, teman sekelas juga saya hadirkan pada saat hearing tadi,” ujar Yulianti berusaha meyakinkan. (dan)

Baca Juga

Banggar DPRD dan TAPD Gelar Rapat Tindak Lanjut Hasil Evaluasi APBD 2017 Bolmut

Bolmut Bakal Promosikan Dua Destinasi Wisata Unggulan Tahun Ini

Rolling Pejabat Tahap II Pemprov Sulut Digelar Pekan Depan

Mengenal Sosok Selingkuhan Bupati Katingan

Djarot Minta Pengeroyok Widodo Diusut Tuntas

Kader PDIP Dikeroyok

Tahun ini Pemkab Bolmut Prioritaskan Perbaikan Jalan Dua Jalur Kuala

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...