Muliadi Pamili, SH, Anggota Komisi I DPRD Bolmut

Dewan Harap Dandes di Bolmut Tepat Sasaran

(Info BMR) BOROKO – Menyusul direalisasikannya Dana Desa (Dandes) tahap I oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) dengan hitungan terealisasi 40 persen. Diharapkan penggunaanya sesuai peruntukan.

Demikian dikatakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muliadi Pamili. Menurut dia, Dandes yang sudah dicairkan harus dibarengi dengan pengawasan oleh Pemkab, hal ini agar tidak terjadi penyalagunaan Dandes tersebut. “Pemkab harus mengawal sampai pada penggunaan Dandes mengingat banyak kejadian dandes disalah gunakan,” kata Politisi Nasdem ini.

Kepala BPMD Bolmut melaui Kabid Pemerintah Desa Abdul Muis Suratinoyo, menjelaskan, pencairan Dandes tahap I sebesar 40 persen, telah selesai dilaksanakan. Saat ini, kata dia, 105 desa se Bolmut dihimbau untuk segera memasukan proposal permintaan Dandes tahap II, karena hingga sekarang baru satu desa yang memenuhinya.

“Baru Desa Tanjung Sidupa yang melakukan permintaan Dandes tahap II. Kami minta 105 desa lainnya segera melakukan hal yang sama, untuk mempercepat proses penyaluran Dandes tahun ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat melakukan permintaan tahap II, seluruh desa wajib memasukan SPJ dan SPP tahap I. Selanjutnya, proposal dan laporan mereka, akan diperiksa terlebih dahulu oleh Inspektorat, guna mendapatkan rekomendasi dari instansi tersebut. “Jika sudah dapat rekomendasi dari Inspektorat, pencairan Dandes tahap II sudah bisa dilaksanakan,” jelasnya.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...