Desa Bolmut Bakal Mandi Duit

Bakal Mendapat Kucuran Rp 4,8 M

(Info BMR) BOROKO – Menyusul kian pastinya dana desa akan dikucurkan. Diprediksi 106 Desa se-Kabupaten Bolaanng Mongondow Utara bakal mandi duit. Kucuran dana lumayan besar Rp 4,8 M. Penyaluran dana desa itu sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014.

Adapun besaran anggaran yang dipersiapkan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Bolaang Mongondow Utara (baca; Bolmut) Nomor 01 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Dana Desa Tahun 2015, jumlah dana yang diperuntukan bagi desa-desa se-Kabupaten Bolmut adalah Rp. 4, 836,604,000.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPMD Alifaks Olii melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Abdul Muis Suratinoyo, SH. Saat ditemui diruang kerjanya Selasa (24/2) siang. Mantan Kakan Kesbang itu mengatakan bahwa dari total anggaran yang disiapkan akan dicairkan dalam tiga tahap.

Pencairannya akan dilakukan dalam tiga tahap yakni bulan April 40%, Agustus 40% dan November 20% dari total anggaran yang di serahkan ke masing-masing Desa,tukas mantan  Kabag Humas itu.

Pria yang hobi bertanam jagung manis itu menambahkan, bahwa besaran anggaran tiap-tiap desa disesuikan dengan luas desa dan jumlah penduduk. Sehingga anggaran per desa pun bervariasi. Adapun peruntukan dana desa tersebut hampir sama dengan penggunaan alokasi dana desa dari pemerintah desa.

“Sebanyak 30 persen untuk operasional aparat dan 70 persen untuk pembangunan desa,” tutur mantan Camat Bintauna itu. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...