DAS Dikeruk, DPRD Bolmut Turlap

Infobmr.com, BOROKO – Adanya informasi warga terhadap aktifitas pengerukan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Desa Keimanga Kecamatan Bolangitang Barat , bikin anggota DPRD Bolmut turun Lapangan (Turlap). Terlebih aktifitas tersebut hanya mengantongi izin kepala desa (Sangadi)  setempat.

Padahal sebagaimana diatur dalam kegiatan usaha pertambangan pelaku usaha pertambangan harus memenuhi ketentuan sesuai pasal 158 UU No. 4 Tahun 2009 adalah izin usaha pertambangan (IUP), Izin Pertambangan Rakyat (IPR) atau Izin Pertambangan Khusus (IUPK). Itu artinya kepala Desa tidak memiliki kewenangan menerbitkan isin usaha pertambangan.

Aktifitas penambangan kerikil tanpa izin resmi ini dinilai dapat merusak fungsi Sungai yang merupakan alur atau wadah air alami  mulai dari hulu sampai muara.

Ketua Komisi Tiga (III) sartono Dotinggulo mengatakan, bahwa dampak penambangan ini bisa menyebakan pengikisan tebing sungai dan bahkan mengancam keselamatan warga sekitar. Apalagi didekat bentaran sungai terdapat Tower Telkomsel yang sewaktu-waktu roboh akibat pengkisan.

Menurut Politis Partai Golkar ini, Operator alat pengeruk mengaku, jika aktivitas tersebut sudah berlangsung beberapa hari atas izin sangadi setempat.

Sartono menegaskan bahwa apa yang dilakukan oleh pihak Komisi III ini semata mata bukan untuk mencari cari kesalahan pengusaha tambang galian  C di kabupaten Bolmut, namun ini adalah salah satu bentuk keprihatinan sebagai representative masyarakat, untuk mengingatkan dampak yang akan terjadi, serta kewajiban pengusaha untuk melakukan pengurusan ijin agar nantinya akan menambah sumber pendapatan bagi daerah.

Menindaklanjuti hal tersebut, menurut dia,  pihak komisi III akan memanggil instansi terkait untuk melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP), tujuannya untuk mencari jalan keluar terhadap persoalan ini sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. [dan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Samsung Luncurkan Galaxy Note10 Lite

Infobmr.com, TEKNO – Samsung dikabarkan akan meluncurkan seri Galaxy Note ...