DPRD Apresiasi Soliditas KPMIBU
Wakil Ketua I DPRD Bolmut - Arman Lumoto, S.Ag, M.Pd.I

Dandes 2017 Bolmut Diminta Fokus ke Pemberdayaan Masyarakat

Infobmr.com, BOROKO -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) meminta agar Anggaran Dana Desa (Dandes) ditahun 2017 ini, tidak hanya fokus pada pekerjaan fisik semata, namun fokus juga pada pemberdayaan masyarakat desa.

Hal itu seperti utarakan oleh Wakil ketua DPRD Arman Lumoto M.Pd.I. “Kami mengharapkan Pemerintah desa di seluruh Kabupaten Bolmut ditahun 2017 ini, agar bisa mengelola Anggaran Dana Desa ini untuk lebih fokus dalam pengelolaan usaha yang bisa memberdayakan masyarakat dimasing masing desa itu sendiri,” ujarnya.

Menurut dia, bahwa Program pengelolaan dana desa ini juga merupakan salah satu harapan bukan hanya pihak DPRD saja, namun sudah ada penekanan dari Pemerintah Pusat agar dana desa ditahun 2017 ini, diperuntukkan untuk membangun desa yang kuat dan mandiri secara ekonomi.

“Kedepannya desa desa yang ada dikabupaten ini bisa lebih memanfaatkan dana desa tersebut untuk menjadikan masyarakat agar lebih ber inovasi dalam memanfaatkan dana desa tersebut,” tukasnya.

Menanggapi itu, Sangadi Boroko Timur Robby Pakaya saat dimintai tanggapannya mengatakan, bahwa untuk tahun 2017 ini, pihaknya selaku pemerintah desa telah mempersiapkan porsi anggaran 60 persen untuk mengembagkan usaha di Desa Boroko Timur melalui Bumdes. “Saya akan mempersiapkan anggaran sebesar 60% untuk pengembangan usaha di Desa Boroko timur melalui Bumdes yang telah dibentuknya ditahun 2016 lalu,” ujarnya.

Senada dengan Sangadi Tanjung Buaya Romi Lantapa yang menjelaskan, bahwa Bumdes yang dibentuk tersebut memang khusus untuk mengelola dana usaha yang disiapkan pada anggaran dana desa, sehingga kedepannya akan ada usaha usaha kecil yang akan muncul di Desa nantinya, namun untuk produk unggulan pihak Bumdes lah yang akan menentukan itu.

Terpisah, Fasilitator Pendamping Desa Kabupaten Bolmut, Hamri Mokoagow, membenarkan, bahwa untuk tahun 2017 ini, Anggaran Dana Desa dipersiapkan untuk pengelolaan usaha, dan itu sudah merupakan program pemerintah pusat dan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi serta juga penekanan terhadap desa di seluruh Kabupaten Bolmut agar tahun ini fokus dalam mempersiapkan Produk dan usaha didesa masing masing. (dan)

Baca Juga

Sungai Jambusarang Meluap, Ratusan Rumah Direndam Banjir

Hanyut Diseret Arus, Dua Siswa Gegerkan Warga

Jumlah Penyuluh Pertanian di Bolmut Masih Minim

Gaji Guru Periode Januari 2017, Diperterimakan Secara Serentak

Bolmut Siap Laksanakan UN Berbasis Komputer

108 Juta Siap Digelontorkan Untuk 18 UKM di Bolmut

Buntut Pembebasan Lahan Sengketa, Kinarja Kejari Boroko Ditantang

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...